alexametrics
UEFA Nations League 2018-2019

Bungkam Inggris, Belanda Hadapi Portugal di Final UEFA Nations League

Belanda 3-1 Inggris
7 Juni 2019, 05:26:02 WIB

JawaPos.com – Belanda dipastikan menghadapi Portugal di final UEFA Nations League 2018-2019 usai membungkam Inggris di semifinal, Jumat (7/6) dini hari WIB. Ini hasil mengejutkan pasalnya, Inggris yang lebih diunggulkan untuk melaju ke final.

Maklum saja, Inggris mampu menunjukkan performa apik sepanjang gelaran UEFA Nations League edisi perdana ini. Tim asuhan Gareth Southgate tersebut seolah meneruskan kegemilangan di Piala Dunia 2018 saat mencapai semifinal.

Sementara itu, seperti diketahui Belanda tak lolos ke Piala Dunia 2018 lalu. Namun, Inggris lupa bahwa Belanda yang mereka hadapi saat ini berbeda. Mereka telah berbenah di bawah arahan Ronaldo Koeman dan tampil apik di UEFA Nations League.

The Three Lions – julukan Timnas Inggris, dalam laga di Stadion Dom Afonso Henriques, Portugal, mampu unggul terlebih dahulu lewat penalti Marcus Rashford pada menit 32. De Oranje – julukan Timnas Belanda, yang dikomandoi Virgil van Dijk baru bisa membalas pada menit 73 lewat sundulan bek Ajax Amsterdam, Matthijs de Ligt. Skor 1-1 bertahan hingga pertandingan usai dan harus dilanjutkan babak perpanjangan waktu.

Dalam 2×15 menit babak perpanjangan waktu, Belanda mampu mencetak dua gol yakni bunuh diri Kyle Walker pada menit 97 dan tendangan kaki kanan Quincy Promes pada menit 114. Belanda menang 3-1 dan melaju ke final untuk menghadapi Portugal.

Eks penyerang Manchester United, Memphis Depay, dalam laga tersebut memang tak mencetak gol. Namun, dia tetap diacungi jempol lantaran menunjukkan permainan memukau dengan mengukir dua assists untuk De Ligt dan Promes.

Laga final sendiri digelar pada Senin (10/6) dini hari WIB. Nantinya menjadi pertemuan ke-14 Belanda dan Portugal di semua ajang. Saat ini, Portugal masih unggul dalam hal rekor pertemuan. Dari 13 perjumpaan, Portugal meraih 7 kemenangan, 4 seri, dan Belanda hanya mendulang 2 kemenangan.

Belanda 3-1 Inggris
(De Ligt 73, Walker 97-og, Promes 114 – Rashford 32-p)

SUSUNAN PEMAIN
Belanda: Cillessen, Van Dijk, Dumfries, De Ligt, Daley Blind, Wijnaldum, De Roon (Van de Beek 68), Frenkie de Jong (Strootman 114), Depay, Bergwijn (Propper 91), Ryan Babel (Promes 68)
Pelatih: Ronald Koeman

Inggris: Pickford, Walker, Stones, Rice (Dele Alli 106), Maguire, Chilwell, Delph (Henderson 77), Barkley, Sterling, Sancho (Lingard 61), Rashford (Kane 46)
Pelatih: Gareth Southgate

Editor : Edy Pramana



Close Ads