alexametrics

Brasil Tanpa Neymar di Copa America 2019

7 Juni 2019, 04:39:41 WIB

JawaPos.com – Timnas Brasil tanpa penyerang utama Neymar di ajang Copa America 2019. Pelatih Tite terpaksa tak bisa menggunakan jasa penggawa Paris Saint-Germain tersebut lantaran mengalami cedera saat laga uji coba menghadapi Qatar, Kamis (6/6) dini hari WIB.

Dalam uji coba tersebut, Neymar ditarik keluar setelah hanya tampil 21 menit. Dia digantikan oleh Everton Soares. Neymar mengalami masalah pada pergelangan kaki kanannya usai salah dalam melakukan tumpuan akibat perebutan bola dengan gelandang Qatar, Assim Madibo.

Neymar harus dibantu tim medis saat meninggalkan lapangan. Dia tampak meringis kesakitan. Bahkan, ketika berada di bench, mantan pemain Barcelona itu sempat menangis. Dalam laga tersebut, Brasil menang dengan skor 2-0 berkat gol Richarlison da Gabriel Jesus.

Awalnya, Tite masih yakin bahwa Neymar bakal punya kans untuk pulih sebelum Copa America 2019 digelar pada 14 Juni mendatang. Hanya saja, tak laman berselang, CBF (asosiasi sepak bola Brasil) mengumumkan bahwa Neymar harus absen di Copa America 2019 lantaran cederanya tak akan pulih secara cepat. Neymar dijelaskan mengalami kerusakan pada ligamen pergelangan kaki kanannya.

“Cedera Neymar cukup cerius dan dia tidak punya waktu untuk melakukan pemulihan untuk bisa tampil di Copa America 2019. Timnas Brasil akan segera memutuskan penggantinya,” bunyi pernyataan resmi CBF.

Ini jelas kerugian besar bagi Brasil. Mereka harus tampil tanpa Neymar padahal Copa America digelar di depan publik sendiri. Neymar pun tentu sangat kecewa tak bisa memperkuat Tim Samba saat turnamen ini digelar di Brasil. Padahal, ini menjadi kesempatan emas bagi Neymar untuk bisa membawa Brasil menjuarai Copa America setelah terakhi kali juara pada 2007 silam.

Selama karirnya di Timnas Brasil, Neymar juga belum pernah membawa Seleccao menjuarai Copa America. Satu-satunya gelar internasional yang didapat Neymar bersama Timnas senior Brasil adalah juara Piala Konfederasi 2013. Selebihnya dia gagal di Piala Dunia 2014, Copa America 2015, dan Piala Dunia 2018.

Di Copa America 2019, Brasil tergabung di Grup A bersama Bolivia, Venezuela, dan Peru. Pada laga pertama, 14 Juni, Tim Samba menghadapi Bolivia di Estadio do Morumbi, Sao Paulo.

Editor : Edy Pramana