alexametrics

Preview MU vs City: Tidak Mudah Memperdaya Sang Filsuf

6 November 2021, 13:54:08 WIB

JawaPos.com – Tactician Manchester United Ole Gunnar Solskjaer seperti berada di zona nyaman lagi pasca dipermalukan Liverpool FC lima gol tanpa balas di Old Trafford (25/10).

Dalam dua laga terakhir, Solskjaer membawa United sukses melibas Tottenham Hotspur 3-0 di London (30/10) bermain seri 2-2 kontra Atalanta BC di Bergamo (3/11).

Perubahan skema main merupakan kunci dari dua hasil positif United tersebut.

Solskjaer yang terbiasa mengaplikasikan formasi empat bek (4-2-3-1) beralih ke tiga bek (3-4-1-2 atau 3-4-2-1).

Skema main tiga bek itulah yang akan kembali diandalkan Solskjaer saat menghadapi Manchester City dalam derbi Manchester edisi ke-186 di Old Trafford nanti malam (siaran langsung Mola TV pukul 19.30 WIB).

’’(Skema tiga bek) kami sudah semakin dekat. Antar pemain sudah dapat saling memahami satu sama lain,”

”Kami telah menemukan spirit tim,’’ ungkap Solskjaer dalam pre-match press conference di Manchester United Training Center, Carrington, tadi malam (5/11) kepada MUTV.

Dari lima kali menjalani derbi Manchester di Premier League, Solskjaer sejatinya sudah pernah dua kali memainkan skema tiga bek.

Hasilnya, United sekali menang dan sekali kalah. ’’Sebenarnya bukan masalah itu (skema tiga bek atau empat bek, Red).

Dalam laga seperti ini (derbi, Red), siapa yang menginjak pedal gas lebih awal, dialah yang jadi pemenangnya,’’ tutur Solskjaer.

City dengan pelatih genius dan berpengalaman seperti Pep Guardiola tentu tidak akan mudah teperdaya.

Pep Guardiola bukan pelatih yang mudah diperdaya lawan. (FRANCK FIFE/AFP)

Setidaknya, musim ini, sudah dua kali Pep sukses membawa City untuk menaklukkan tim yang mengandalkan skema main tiga bek.

Kedua tim juga bukan pupuk bawang. Yakni, juara Liga Champions Chelsea yang ditundukkan 0-1 pada matchweek keenam (25/9).

Satu lagi adalah Brighton & Hove Albion yang dihancurkan The Citizens dengan skor 1-4 pada matchweek kesembilan (23/10).

Setiap kemenangan juga tercipta di kandang lawan, yakni Stamford Bridge (Chelsea) dan Amex Stadium (Albion).

Namun, seorang Pep memang tidak mau berpikir simpel. ’’Ini (derbi) akan menjadi laga yang lain bagi kami,’’ kata pelatih berjuluk Sang Filsuf tersebut.

BBC Sport dalam ulasannya menyebutkan, United dengan produktivitas Cristiano Ronaldo akan menghadapi rekannya di timnas Portugal, Ruben Dias.

Bek City itu merupakan pemain terbaik Premier League musim lalu. ’’Duel yang akan sangat dinantikan,’’ tulis BBC Sport.

Editor : Candra Kurnia

Reporter : ren/c12/dns

Saksikan video menarik berikut ini:

Close Ads