alexametrics
Liga Champions

Bayern, Manchester City, Juventus, dan Atletico Bisa Lolos Pekan Ini

6 November 2019, 19:00:39 WIB

JawaPos.com – Bayern Muenchen, Manchester City, Juventus, dan Atletico Madrid punya nasib hampir sama di liga masing-masing pada musim ini. Mereka tidak bisa melaju dengan tenang di papan atas. Padahal, kompetisi sudah mendekati paro musim.

Bayern dan Atleti sama-sama berada di posisi keempat Bundesliga dan La Liga. Gap Bayern dengan Borussia Moenchengladbach yang memuncaki klasemen Bundesliga adalah empat poin (18-22). Sedangkan Atleti hanya berjarak satu poin dengan Barcelona yang memimpin La Liga (21-22).

City masih menduduki posisi runner-up Premier League. Tetapi, jarak mereka dengan Liverpool sebagai pemuncak klasemen Premier League cukup lebar. Yakni, enam poin (25-31). Juventus? Mereka memang menduduki puncak klasemen Serie A. Namun, selisih dengan pesaing dekatnya, Inter Milan, hanya satu poin.

Meski begitu, kiprah empat tim tersebut cukup mulus di Liga Champions. Mereka belum terkalahkan dalam tiga matchday yang sudah dilalui. Bayern dan City bahkan sapu bersih dalam tiga matchday sebelumnya. Lebih jauh, empat tim itu sama-sama berpeluang lolos ke fase knockout Liga Champions via matchday keempat dini hari nanti. Itu jika mereka bisa menuntaskan beberapa skenario (lihat grafis skenario lolos).

Mereka diyakini tidak akan membuang kesempatan itu. Sebab, lebih cepat lolos ke fase knockout, mereka bisa lebih fokus membenahi posisi di liga domestik.

’’Ini (melawan Olympiakos, Red) tidak akan mudah bagi Hansi (sapaan akrab pelatih karteker Bayern Hans-Dieter Flick, Red) karena waktunya sangat sedikit (melatih Bayern setelah Niko Kovac dipecat, Red),’’ ucap gelandang Bayern Joshua Kimmich sebagaimana dilansir Kicker. ’’Kini, bola ada di tangan kami para pemain dan kehilangan pelatih bukan alasan (untuk tampil buruk melawan Olympiakos, Red),’’ imbuhnya.

Pernyataan pemain yang juga piawai bermain sebagai fullback itu merujuk pada mental pemain Bayern. Bagaimana tidak, mereka baru saja dipermalukan Eintracht Frankfurt dengan skor 1-5 pada spieltag ke-10 Bundesliga (2/11). Kekalahan itu berujung pemecatan Kovac.

Sama halnya dengan Bayern, The Citizens –julukan Manchester City– ingin mencari mood booster dengan meraup angka penuh pada matchday keempat dini hari nanti. Kemenangan bisa membuat City percaya diri menyongsong super-big match matchweek ke-12 akhir pekan ini. Ya, City akan melawat ke Anfield guna melawan Liverpool (10/11). Nah, kemenangan atas Atalanta dini hari nanti dipastikan mendongkrak mentalitas City jelang kontra The Reds.

Hal itu memunculkan persepsi bahwa tactician City Pep Guardiola bakal merotasi skuadnya pada laga melawan Atalanta nanti. Tetapi, eks pelatih Barcelona dan Bayern Muenchen itu membantahnya.

’’Tidak ada yang bisa menggaransi saya jika kami merotasi skuad saat melawan Atalanta berujung dengan hasil baik melawan Liverpool,’’ tegas Pep. ’’Kami akan bermain dengan tim terbaik untuk menang melawan Atalanta dan kami akan pergi ke Anfield juga dengan tim terbaik,’’ ucap pelatih berjuluk Sang Filsuf itu sebagaimana dilansir Manchester Evening News.

Juve senada dengan City. Mereka sudah ditunggu agenda tricky akhir pekan ini di Serie A. Yakni, melawan AC Milan pada giornata ke-12 (11/11). Milan memang sedang menurun dan terpuruk di posisi ke-11. Jarak dengan Juve juga cukup jauh atau 16 poin (13-29). Tetapi, Rossoneri berpotensi menjadikan laga kontra Juve sebagai awal kebangkitan. Apalagi, Inter yang berada di posisi kedua hanya melawan Hellas Verona.

Tiket Lolos di Depan Mata

Kemenangan pada matchday keempat mendekatkan Bayern Muenchen, Manchester City, Juventus, dan Atletico Madrid ke fase knockout Liga Champions. Bagaimana skenarionya?

Grup B
1. Bayern Muenchen 3 3 0 0 13-4 9
2. Tottenham Hotspur 3 1 1 1 9-9 4
3. Crvena Zvezda 3 1 0 2 3-9 3
4. Olympiakos 3 0 1 2 5-8 1
Bayern ke fase knockout pada matchday 4 jika:
– Menang atas Olympiakos dan Tottenham Hotspur menang atau seri dengan Crvena Zvezda

Grup C
1. Manchester City 3 3 0 0 10-1 9
2. Dinamo Zagreb 3 1 1 1 6-4 4
3. Shakhtar Donetsk 3 1 1 1 4-6 4
4. Atalanta 3 0 0 3 2-11 0
City ke fase knockout pada matchday 4 jika:
– Menang atas Atalanta dan Dinamo Zagreb menang atas Shakhtar Donetsk atau sebaliknya

Grup D
1. Juventus 3 2 1 0 7-3 7
2. Atletico Madrid 3 2 1 0 5-2 7
3. Lokomotiv Moskva 3 1 0 2 3-5 3
4. Bayer Leverkusen 3 0 0 3 1-6 0
Juventus ke fase knockout pada matchday 4 jika:
– Menang atas Lokomotiv Moskva

Atleti ke fase knockout pada matchday 4 jika:
– Menang atas Bayer Leverkusen dan Juventus menang atas Lokomotiv Moskva

Editor : Mohammad Ilham

Reporter : io/bas

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads