alexametrics
Serie A Italia

Efek Messi Jadi Pelajaran Pertahanan Inter Hadapi Cristiano Ronaldo

6 Oktober 2019, 19:30:03 WIB

JawaPos.com – Pertahanan Inter Milan sudah merasakan efek Lionel Messi Kamis dini hari lalu WIB (3/10). Gara-gara Inter gagal mengontrol Messi, Luis Suarez mampu menciptakan gol pembeda ketika kedudukan masih berimbang 1-1. La Pulga –julukan Messi– yang mengirim assist bagi Suarez.

Nah, hal yang sama bisa terulang ketika melawan Juventus dini hari nanti. Bukan karena Messi. Ancaman itu ada pada diri Cristiano Ronaldo. ’’Karakternya (Ronaldo) seperti Messi,’’ ungkap Lautaro Martinez, attaccante Inter, dalam wawancara dengan Sky Sport Italia. Dari sisi produktivitas, CR7 –inisial nama Ronaldo– juga sama dominannya dengan Messi.

Ronaldo pun bisa jadi sistem pendukung bagi striker, dalam hal ini Gonzalo Higuain. Itu sama dengan Messi dan Suarez. ’’Kami sudah memahami kualitasnya. Kami akan mencoba yang terbaik di lapangan,’’ tambah Il Toro, julukan Lautaro. Ingat, musim lalu, gara-gara Ronaldo, tiga poin Inter atas Juve pada giornata ke-34 Serie A melayang. ’’Tapi, Juve bukan hanya Ronaldo,’’ sambung Lautaro.

Sekadar catatan, sejak membela Real Madrid, Ronaldo jadi bomber yang gemar mencetak gol di kandang lawan-lawan hebat Los Merengues, julukan Real. Terutama dalam big match melawan Atletico Madrid dan Barcelona. Tujuh dari 12 golnya saat melawan Atletico di La Liga tercipta di Vicente Calderon (kandang lama Atleti). Begitu pula saat menghadapi La Blaugrana –julukan Barca. Enam dari sembilan gol dia ciptakan di Camp Nou, markas Barca.

Di Serie A, tren itu baru terjadi saat melawan Inter dan Torino. Napoli belum pernah jadi sasaran gol Ronaldo ketika bermain di San Paolo, markas Napoli. Meski begitu, centrocampista Inter Nicolo Barella tak khawatir dengan ancaman Ronaldo. ’’Mematikannya (Ronaldo)? Kalian harus menanyakan soal itu kepada (Diego) Godin. Dia yang lebih berpengalaman melimitasinya di Atletico,’’ ucap Barella kepada La Gazzeta dello Sport.

’’Syukurlah bukan aku yang harus me-marking-nya. Tapi, jika itu harus aku hadapi, aku tak akan menyerah menjaganya,’’ tambah Barella.

Football Italia mencatat, duel nanti menjadi duel ke-32 antara Ronaldo dan Godin. Baik di level klub maupun timnas. Dalam 31 kali pertemuan, ada 22 gol yang mampu diciptakan Ronaldo saat dikawal El Faraon, julukan Godin.

Editor : Mohammad Ilham

Reporter : ren/bas

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads