alexametrics

Azpilicueta Bertahan karena Klausul Ekstensi

6 Agustus 2022, 16:10:21 WIB

JawaPos.com- Andaikan tidak ada klausul otomotis ekstensi semusim pada akhir Juni lalu, Cesar Azpilicueta mungkin sudah berlatih di Ciutat Esportiva Joan Gamper (markas latihan FC Barcelona) bersama Andreas Christensen.

Seperti Christensen, Antonio Rudiger juga bisa pindah ke Real Madrid karena dalam kontrak mereka yang habis per akhir Juni tidak ada klausul ekstensi seperti Azpi, sapaan akrab Azpilicueta.

Seiring masih dibutuhkan tenaganya dan statusnya juga kapten tim, kemarin (5/8) WIB Chelsea dan Azpi sepakat untuk terus bekerja sama dua musim lagi atau sampai Juni 2024.

Dari ekstensi kontrak tersebut, Azpi mendapatkan tambahan gaji per pekan dari GBP 150 ribu (Rp 2,69 miliar) menjadi GBP 190 ribu (Rp 3,41 miliar).

Azpi pun bisa masuk barisan legenda Chelsea. Bek 32 tahun berkebangsaan Spanyol itu bakal menggeser Petr Cech sebagai pemain dengan penampilan terbanyak keenam di Chelsea.

Azpi masih berselisih 18 pertandingan dari Cech. Azpi dengan 476 laga dan Cech 494 laga.

”Aku benar-benar merasakan kecintaan itu (kepada Chelsea, Red) dan aku pun bersemangat untuk proyek baru musim ini,” tutur Azpi dalam pernyataan di laman resmi klub.

Azpi menyebut ada peran owner baru Chelsea Todd Boehley di balik keputusannya tetap memperkuat klub London Barat itu.

Boehly tidak ingin klubnya kehilangan sosok berpengalaman dalam tim setelah sederet petinggi klub era Roman Abramovich pergi (Mariana Granovskaia, Bruce Buck, sampai Cech).

Alasan lainnya, pelatih Chelsea Thomas Tuchel minim opsi bek tengah seandainya Azpi menyusul Rudiger dan Christensen pergi.

Sebab, hanya Kalidou Koulibaly dari SSC Napoli yang datang. Marc Cucurella (Brighton & Hove Albion) yang diresmikan kemarin lebih natural sebagai bek kiri ketimbang bek tengah.

Di sisi lain, seiring kedatangan Cucurella, bek kiri Marcos Alonso belum tentu bertahan di London.

Kontrak Alonso berakhir pada musim panas 2023 dan persaingan bek kiri lumayan padat seiring masih ada Ben Chilwell, Emerson, bahkan Kenedy.

Editor : Candra Kurnia

Reporter : ren/c19/dns

Saksikan video menarik berikut ini: