alexametrics
Premier League

Timo Werner Menuju Chelsea karena Liverpool Lebih Prioritaskan Kirkby

6 Juni 2020, 19:00:50 WIB

JawaPos.com – Rencana A adalah striker RB Leipzig (RBL) Timo Werner pindah ke Liverpool musim panas tahun ini dengan nilai transfer GBP 51 juta (Rp 898 miliar). Rencana B, Liverpool menunggu Turbo Timo –julukan Timo Werner– bertahan setahun lagi di RBL sehingga klausul penebusan turun menjadi GBP 40 juta (Rp 704,4 miliar).

Menurut penulis biografi pelatih Liverpool Juergen Klopp, Raphael Honigstein, dalam podcast-nya pekan lalu, tidak pernah ada rencana C. Tapi, ternyata, rencana C itu yang bergema beberapa hari terakhir dan diklaim segera terealisasi. Rencana C itu bernama Chelsea.

Sebagaimana diberitakan Football London, The Athletic, dan Daily Star kemarin (5/6), Werner akan ditebus The Blues –julukan Chelsea– pekan depan dari RBL sesuai harga klausul pelepasannya. Yakni, GBP 54 juta (Rp 952,2 miliar).

”Awal pekan ini, Klopp berkonsultasi dengan pemilik Liverpool Fenway Sports Group (FSG). Dan, FSG menyatakan bahwa mereka tak punya cukup uang buat melakukan transfer tersebut,” tutur sumber internal Liverpool sebagaimana dilansir The Athletic. ’’Setelah mengetahui jawaban FSG itu, Klopp menghubungi Werner dan menjelaskan kondisi keuangan Liverpool. Werner pun memahaminya,” tambah sumber itu.

Neraca keuangan Liverpool sejatinya masih berada di angka stabil meski diterpa pandemi Covid-19. Tidak sampai seperti Tottenham Hotspur yang melakukan peminjaman kepada Bank of England sebesar GBP 175 juta (Rp 2,43 triliun) untuk memperkuat finansialnya kemarin.

Masalahnya, FSG punya prioritas lebih besar begitu pandemi Covid-19 mereda. Yakni, merampungkan pembangunan markas latihan di Kirkby yang biayanya memakan GBP 50 juta (Rp 695,95 miliar). Jordan Henderson dkk direncanakan sudah boyongan dari Melwood ke Kirkby pada musim panas tahun depan.

Kepada Goal, eks pemain Liverpool Steve Nicol menilai bahwa Liverpool dan FSG telah melakukan blunder atas kegagalan transfer Werner. Sebab, upaya pendekatan Klopp secara personal sebelumnya menjadi sia-sia. ”Tidak ada jaminan kalau trio (Mohamed) Salah-(Roberto) Firmino-(Sadio) Mane tetap moncer untuk musim selanjutnya. Pembaruan lini depan dibutuhkan Liverpool yang mulai ditebak permainannya oleh lawan,” tutur Nicol.

Di sisi lain, sebagaimana dilansir Bild, sukses Chelsea meyakinkan Werner untuk memilih mereka disebut karena Anthony Ruediger. Bek Chelsea berkebangsaan Jerman itu tak lain rekan setim Werner di tim junior VfB Stuttgart sekaligus timnas Jerman.

Ada pula peran pengacara yang jadi orang kepercayaan Direktur Chelsea Marina Granovskaia, yakni Dr Michael Becker. ”Becker membantu negosiasi Chelsea dengan pemain-pemain Jerman seperti Michael Ballack dan Ruediger. Pandemi membuat Granovskaia tak leluasa datang ke Jerman untuk memberesi transfer sehingga dia mengutus Becker,” tulis Bild.

Editor : Mohammad Ilham

Reporter : ren

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads