alexametrics
Premier League

Marco Silva Terancam Pecat, Everton Pertimbangkan David Moyes

5 Desember 2019, 16:08:40 WIB

JawaPos.com – Performa negatif Everton membuat jabatan sang pelatih Marco Silva berada di ujung tanduk. Apalagi, dalam Derby Merseyside, mereka dibantai tuan rumah Liverpool 5-2 di Anfield. Itu menjadi kekalahan ketiga beruntun klub berjuluk The Toffees tersebut.

Apalagi, saat ini posisi Everton berada di zona degradasi. Kompetisi di Premier League memang masih panjang, tapi situasi itu jelas membuat para petinggi klub khawatir. Rencananya, besok mereka akan menentukan masa depan Silva, apakah bertahan ataukah dipecat. Nah, sebagai penggantinya, mantan pelatih Everton David Moyes jadi pertimbangan. Meski statusnya mungkin hanya pelatih sementara.

Silva sebelumnya mampu selamat dari pemecatan setelah kekalahan kandang dari Norwich City pada 23 November, tapi peluangnya mempertahankan pekerjaannya semakin kecil setelah kekalahan 2-5 dalam Derby Merseyside.

Ketika ditanya tentang situasinya di klub usai kekalahan atas Liverpool, Silva tidak memberikan jawaban. ”Saya bukan orang yang tepat untuk membicarakan situasi ini. Anda bertanya kepada saya dan saya tidak punya jawaban,” ujar pelatih asal Portugal itu sebagaimana dilansir BBC (5/12).

Jawabannya mungkin bisa diketahui pada Jumat, dengan Silva diperkirakan tidak akan mampu bertahan di klub sebelum pertandingan melawan Chelsea di Goodison Park pada Sabtu. Apabila dia dipecat dan Everton tidak langsung menemukan pengganti jangka panjang, maka mantan pelatih mereka David Moyes siap untuk kembali sebagai solusi sementara.

Moyes sendiri menghabiskan karier pelatih selama 11 tahun bersama Everton sebelum bergabung ke Manchester United pada 2013 untuk menggantukan pelatih legendaris Sir Alex Ferguson. Namun, rumor tersebut tidak disambut baik oleh para suporter yang menganggap hal itu adalah sebuah kemunduran karena minimnya prestasi pelatih asal Skotlandia tersebut sejak meninggalkan Goodison Park.

Moyes pernah dipecat oleh United dan Real Sociedad serta melatih Sunderland ketika mereka terdegradasi dari Liga Premier Inggris. Dia juga pernah menukangi West Ham United. Apabila jadi dipecat, Silva akan menjadi pelatih keempat yang kehilangan jabatan sejak Moshiri membeli saham Everton pada Februari 2016. Tiga pelatih lainnya adalah Roberto Martinez, Ronald Koeman, dan Sam Allardyce.

Editor : Mohammad Ilham

Reporter : antara


Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Close Ads