alexametrics

Fans Bayern Lebih Inginkan Erik ten Hag Ketimbang Massimiliano Allegri

5 November 2019, 21:32:01 WIB

JawaPos.com– Niko Kovac benar-benar meninggalkan Bayern Muenchen. Jika musim panas lalu jabatannya sebagai der trainer Bayern tak tergoyahkan, kemarin WIB (4/11) dia ’’diusir” dari Saebener Strasse, kamp latihan Bayern. Lebih cepat daripada gosip-gosip media Jerman yang mengklaim dia masih diberi kesempatan dua laga lagi. Tepatnya setelah laga Der Klassiker kontra Borussia Dortmund saat spieltag ke-10 Bundesliga (10/11).

Kovac dipecat setelah kekalahan paling memalukan dalam sedekade ini diderita Bayern. Yakni, saat kalah 1-5 oleh Eintracht Frankfurt Sabtu malam WIB (2/11). Ironisnya, Eintracht adalah klub yang pernah ditangani Kovac dua musim lalu sebelum ke Bayern.

Kepergian Kovac diikuti adiknya, Robert Kovac, yang jadi asistennya. Hans-Dieter Flick yang notabene asisten Kovac lainnya untuk sementara jadi pemegang kendali saat Bayern harus menghadapi Olympiakos di Allianz Arena, Muenchen, Kamis dini hari nanti WIB (7/11). Tactician yang akrab disapa Hansi itu jadi opsi sementara sampai Bayern menemukan pelatih.

Kovac pergi setelah menjalani 65 laga dalam 16 bulan dengan 69,23 persentase kemenangan. ’’Saya pikir ini keputusan yang tepat. Dari segi hasil dan cara main kami membuatku mengambil keputusan itu,’’ ucap Kovac dalam situs resmi klub. Kekalahan dari Eintracht jadi yang kedelapan selama dia mengarsiteki Bayern.

Meski kerap dihujani kritik, gelandang Bayern awal dekade 2000-an itu tetap puas dengan kinerjanya bersama FC Hollywood –julukan Bayern lainnya. ’’Bisa menjuarai Bundesliga, DFB-Pokal, dan DFL-Supercup dalam satu setengah tahun di klub ini jadi momen-momen terbaik,’’ sambungnya.

CEO Bayern Karl-Heinz Rummenigge mengakui, bersama Uli Hoeness (presiden Bayern) dan Hasan Salihamidzic (direktur olahraga), dirinya sudah membahas evaluasi klub setelah hasil-hasil kurang memuaskan musim ini. ’’Sejak Minggu (3/11) saya berbicara dengan Niko. Kami begitu menyayangkan keputusan ini,’’ tutur Rummenigge.

Dengan musim yang baru berlangsung sepertiga jalan, banyak pekerjaan besar menanti tim penguasa Bundesliga tersebut. Baik memburu posisi puncak klasemen Bundesliga maupun lolos ke fase knockout Liga Champions.

Nah, pertanyaan besar pun muncul, siapakah sosok suksesor Kovac? Belakangan nama mantan allenatore Juventus Massimiliano Allegri banyak disebut. Tapi, sampai tadi malam WIB, fans-fans Bayern di Jerman malah tak memasukkan nama Allegri dalam daftar nomine. Sebaliknya, sosok pelatih Ajax Amsterdam saat ini, Erik ten Hag, yang paling banyak diinginkan. Itu terlihat dari voting sebuah tabloid olahraga terbitan Muenchen, TZ.

Ten Hag yang masih punya ikatan kontrak sampai musim panas 2022 jadi favorit dengan 33 persen dukungan. Jauh dari nama kandidat yang lain seperti Jupp Heynckes, Jose Mourinho, dan Ralf Rangnick. Heynckes yang mempersembahkan Si Kuping Lebar, trofi Liga Champions, ke Bayern pada 2012–2013 hanya mendapat 18 persen dukungan. Mourinho? Cuma 9,1 persen fans yang menginginkannya.

Editor : Ainur Rohman

Reporter : ren/c17/cak



Close Ads