alexametrics
La Liga Spanyol

Real Madrid vs Granada: Clean Sheet atau Semakin Sulit

5 Oktober 2019, 09:30:59 WIB

JawaPos.com – Jornada kedelapan La Liga kontra Granada malam ini (siaran langsung beIN Sports 1 pukul 21.00 WIB) tak ubahnya laga final bagi Thibaut Courtois. Sebab, kiper 27 tahun tersebut tiba-tiba saja menjadi sosok yang paling dibenci pendukung Real Madrid. Itu menyusul rangkaian performa buruknya sepanjang musim ini.

Total, Courtois sudah kebobolan sebelas gol dari delapan pertandingan di semua ajang. Sepuluh gol di antaranya bahkan terjadi di dalam area penalti. Puncaknya terjadi saat dia kebobolan dua gol dalam 45 menit pertama saat melawan Club Brugge pada matchday kedua fase grup Liga Champions (1/10). Performa itu yang membuatnya dicerca pendukung Real.

Nah, Courtois harus bisa merebut kembali hati Madridistas. Syaratnya, dia harus bisa clean sheet ketika Real melawan Granada. Situasinya akan semakin sulit bagi Courtois jika dia kebobolan dan Real Madrid gagal meraih kemenangan. ”Jika ingin menjadi kiper Real, Anda harus menerima tekanan ini,” kata Courtois kepada Marca.

Kabarnya, eks kiper Atletico Madrid dan Chelsea itu sempat dilanda depresi ketika digantikan Alphonse Areola pada babak kedua melawan Club Brugge. Kubu Real mengklaim bahwa saat itu Courtois mengalami gangguan pada perutnya. Kemarin diketahui, sakit yang dialami Courtois adalah gastroenteritis.

Dilansir dari Marca, penyakit tersebut membuat Courtois kehilangan setidaknya 3 kilogram berat badannya hanya dalam beberapa jam. Itu pula yang membuatnya absen dalam dua hari latihan Real setelah laga melawan Club Brugge.

Beberapa media bahkan sempat mengklaim bahwa Courtois depresi. Tetapi, hal itu tadi malam dibantah Real. ”Courtois telah didiagnosis dan dirawat karena gastroenteritis dengan dehidrasi dan ketidakseimbangan elektrolit,” bunyi pernyataan resmi Real. ”Gastroenteritis membuatnya tidak mungkin menyelesaikan pertandingan melawan Brugge. Pemain merespons dengan baik perawatan yang ada,” sambungnya.

Artinya, kans tampil kiper terbaik Piala Dunia 2018 bersama timnas Belgia itu pada laga malam ini cukup besar. Sebelumnya dia diragukan tampil dan dikabarkan akan kembali digantikan Areola. Victoria bagi Real atas Granada juga bisa menjadi titik balik Courtois. Sebab, Nazaríes –julukan Granada– kini berstatus runner-up tepat di bawah Real dengan 1 poin lebih sedikit (14-15).

Namun, handicap Real bukan hanya penjaga gawang. Sektor bek kiri juga bermasalah. Itu terjadi setelah Nacho Fernandez, Ferland Mendy, dan Marcelo masih cedera lutut, paha, dan leher. Sangat mungkin posisi tersebut ditempati Lucas Vazquez.

Perkiraan Pemain

Real Madrid (4-3-3): 13-Courtois (g); 2-Carvajal, 5-Varane, 4-Ramos (c), 17-Vazquez; 10-Modric, 14-Casemiro, 8-Kroos; 11-Bale, 9-Benzema, 7-Hazard
Pelatih: Zinedine Zidane

Granada (4-3-3): 1-Silva (g); 16-Diaz (c), 22-Duarte, 6-Sanchez, 15-Neva; 21-Herrera, 19-Montoro, 12-Azeez; 10-Puertas, 9-Soldado, 23-Machis
Pelatih: Diego Martinez

Wasit: Santiago Jaime
Stadion: Santiago Bernabeu, Madrid
Live: beIN Sports 1 Pukul 21.00 WIB

Asian Handicap: 0 : 1½

Editor : Mohammad Ilham

Reporter : io/bas

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads