alexametrics

Bayern Resmi Pecat Kovac, Massimiliano Allegri Bisa Jadi Pengganti?

4 November 2019, 16:55:49 WIB

JawaPos.com-Menyusul kekalahan terbesar (1-5) sedekade oleh Eintracht Frankfurt dalam spieltag kesepuluh Bundesliga (2/11), masa kerja der trainer Niko Kovac bersama Bayern Muenchen berakhir. Juara Bundesliga 29 kali itu memutuskan memecat pelatih berkebangsaan Kroasia tersebut.

Bayern menunjuk asisten pelatih Hansi Flick untuk memimpin tim tersebut dalam dua pertandingan. Yakni melawan Olympiacos dalam lanjutan penyisihan Grup B Liga Champions, Kamis (7/11). Kemenangan atas Oympiacos akan meloloskan Manuel Neuer dkk ke fase knockout.

Satu laga lagi yakni Der Klassiker melawan Borussia Dortmund pekan depan.

”Saya rasa ini adalah keputusan yang tepat pada momen ini,” kata Kovac dalam pernyataan resminya. ”Hasil dan cara kami bermain membuat saya berada dalam situasi ini. Saya dan saudara saya Robert mengucapkan terima kasih kepada Bayern dalam satu setengah tahun terakhir. Dalam masa kerja kami, tim ini memenangkan liga, DFB Pokal, dan DFL Supercup. Itu adalah masa-masa yang indah. Saya berharap, klub dan tim sukses di masa depan,” tambah pelatih berusia 48 tahun tersebut.

CEO Bayern Karl-Heinz Rummenigge menjelaskan alasan di balik pemecatan Kovac. ”Penampilan kami dalam beberapa pekan dan hasil yang kami tunjukkan memang membutuhkan aksi. Uli Hoeness, Hasan Salihamidzic, dan saya telah berbicara sangat serius dengan Niko. Hasilnya, Niko tidak lagi menjadi pelatih Bayern,” ucapnya.

Memang, performa Bayern jeblok. Dalam empat laga terakhir di Bundesliga, mereka hanya pernah menang sekali. Itu termasuk kekalahan atas Hoffenheim dan Frankfurt. Bayern berada di posisi keempat klasemen sementara.

Sebelumnya, sebagaimana diberitakan Bavarian Football, latihan pertama Bayern di Saebener Strasse setelah ’’dinodai” Eintracht kemarin tidak berjalan seperti biasa. Alias dilakukan secara tertutup. Bayern melalui laman resmi klub beralasan ingin memberikan ketenangan kepada para pemain sekaligus menjauhkan mereka dari media.

Namun, Sport1 menulis, latihan tertutup itu disebabkan adanya pertemuan antara Kovac dengan Karl-Heinz Rummenigge dan Presiden Bayern Uli Hoeness. Pertemuan tertutup tersebut menentukan masa depan Kovac bersama Die Roten. 

Siapa pengganti Kovac? Daily Mail menulis, mantan pelatih Juventus dan AC Milan Massimiliano Allegri sudah ada dalam daftar tunggu dan siap melatih Bayern.

Editor : Ainur Rohman

Reporter : dra/c17/dns


Close Ads