alexametrics
Evaluasi Transfer Musim Panas

Joao Felix Cepat Adaptasi, Lukaku Bahagia Lagi, dan De Ligt Kesulitan

4 September 2019, 19:00:25 WIB

JawaPos.com – Bursa transfer musim panas 2019 di Eropa resmi berakhir kemarin (3/9). Joao Felix menahbiskan diri sebagai rekrutan termahal dengan banderol EUR 126 juta (Rp 1,96 triliun).

Awal jatuh cintanya Joao Felix terhadap sepak bola sama seperti kebanyakan. Yakni, bakat. Felix juga beruntung karena memiliki orang tua yang sama-sama berprofesi guru. Naluri mengajari dari Carlos (ayah) dan Carla (ibu) menuntut Felix cepat mengasah bakatnya.

Di Viseu, kediaman mereka di bagian utara Portugal, Carla seolah merelakan barang-barang miliknya ’’dihancurkan’’ oleh sepakan-sepakan keras Felix. Hal itu terjadi karena Felix dan kakak satu-satunya, Hugo, menjadikan ruangan keluarga tak ubahnya lapangan sepak bola mini. ’’Jadi, ketika berpindah ke lapangan sepak bola yang sesungguhnya (masuk Akademi FC Porto di usia 8 tahun, Red), Felix bisa cepat beradaptasi,’’ tulis Life Bogger mengutip cerita dari Carla.

Cepat beradaptasi sekaligus kunci Felix segera klik dengan klub barunya, Atletico Madrid. Dalam tiga jornada La Liga bersama Los Colchoneros, penyerang yang baru genap 20 tahun pada 10 November itu sudah berkontribusi satu gol dan satu assist. ’’Dia (Felix) terus berimprovisasi dan menunjukkan kemampuan beradaptasi yang luar biasa selama dua bulan bersama kami,’’ puji entrenador Atletico Diego Simeone seperti dilansir Goal.

Simeone yang semula dicibir karena memilih remaja ingusan sebagai pengganti Antoine Griezmann yang bergabung ke klub rival Atleti, Barcelona, kini bisa membalas pencibirnya. Sebab, Felix bisa menjawab kebutuhan tim. Membawa bola, menginisiatori peluang gol, maupun mengeksekusi langsung untuk menjadi gol. ’’(Seperti) Cristiano Ronaldo? Dia (Felix) punya keunggulan berbeda untuk pemain seusianya,’’ ucap El Cholo, julukan Simeone.

Setidaknya, performa Felix sebagai bintang baru termahal di La Liga lebih baik ketimbang bintang baru termahal di Serie A yang masih sepantaran. Yakni, bek baru Juventus Matthijs de Ligt. Pemain yang didatangkan dari Ajax Amsterdam dengan biaya transfer EUR 75 juta (Rp 1,2 triliun) itu memperoleh rapor mengecewakan saat diberi kesempatan debut akhir pekan lalu (1/9). De Ligt punya andil sehingga Napoli bisa tiga kali membobol gawang Juve dalam rentang 15 menit pada babak kedua. ’’De Ligt merupakan sosok yang disalahkan saat terjadi gol ketiga Napoli oleh Giovanni Di Lorenzo pada menit ke-81,’’ ulas La Gazzetta dello Sport dalam kemenangan 4-3 Juve atas Napoli pada giornata kedua Serie A tersebut.

Atas performa buruknya, De Ligt ditepikan pelatih timnas Belanda Ronald Koeman dalam jeda internasional dua pekan ke depan. Tapi, situasi tersebut justru memberikan waktu bagi De Ligt untuk lebih fokus dengan Juve. Apalagi, laga penting menantinya setelah jeda internasional.

Yakni, pertemuan melawan Felix dalam matchday pertama grup D Liga Champions di Wanda Metropolitano dua pekan lagi (19/9). Seiring cedera panjang Giorgio Chiellini, De Ligt punya kans menjadi tandem Leonardo Bonucci ketimbang Daniele Rugani maupun Merih Demiral.

Jika De Ligt flop dalam debutnya di Serie A, rekrutan baru Inter Milan dari Manchester United, Romelu Lukaku, langsung ngegas. Pembelian termahal kedua di Serie A musim ini (EUR 65 juta atau Rp 1,01 triliun) tersebut langsung garang. Lukaku mencetak dua gol dalam dua giornata.

Lukaku seolah menemukan lagi gairah bermain. Kunci utamanya tak lain karena striker berusia 26 tahun itu disiplin melakukan diet pasta dan hanya mengonsumsi buah demi mendapatkan berat badan di bawah 100 kilogram. Atau, turun minimal 10 kilogram. ’’Tak ada yang sulit selama kamu bersungguh-sungguh dan nyaman melakukannya,’’ ucap Rom, sapaan karib Lukaku, kepada Calciomercato.

 

Bintang City Beri Kontribusi

BURSA transfer musim panas 2019 di Eropa berakhir kemarin (3/9). Siapa saja lima bintang baru di lima liga elite Benua Biru dan bagaimana performa mereka sejauh ini?

Serie A

Matthijs de Ligt

Juventus

Banderol: EUR 75 juta (Rp 1,2 triliun)

Laga: 1 (90 menit)

Rapor: 6,15

Bundesliga

Lucas Hernandez

Bayern Muenchen

EUR 80 juta (Rp 1,24 triliun)

2 (167 menit)

7,2

La Liga

Joao Felix

Atletico Madrid

EUR 126 juta (Rp 1,96 triliun)

3 (240 menit)

7,1

Ligue 1

Wissam Ben Yedder

AS Monaco

EUR 40 juta (Rp 622 miliar)

3 (217 menit)

6,9

Premier League

Rodri

Manchester City

EUR 70 juta (Rp 1,1 triliun)

4 (290 menit)

7,3

Keterangan: Rapor versi Whoscored

Editor : Mohammad Ilham

Reporter : dra/dns

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads