alexametrics

Trio Gelandang Italia adalah Trio Terbaik Sejak Trio Gelandang Spanyol

4 Juli 2021, 23:37:46 WIB

JawaPos.com – ’’Trio gelandang Italia adalah trio terbaik yang pernah saya saksikan sejak trio lini tengah Spanyol.’’ Begitulah opini yang diungkapkan kolumnis sepak bola Graham Ruthven dalam analisisnya di Eurosport setelah lolosnya Italia ke semifinal Euro 2020 kemarin WIB (3/7).

Gli Azzurri –julukan Italia– lolos setelah menaklukkan kandidat juara Euro 2020 lainnya, Belgia, di Allianz Arena, Muenchen, dengan skor 2-1.

Sosok gelandang Nicolo Barella menjadi kreator kemenangan juara dunia empat kali itu. Selain mengeksekusi dengan baik umpan rekan lini tengahnya, Marco Verratti, pada menit ke-31, Barella memberikan umpan untuk gol Lorenzo Insigne (44’).

Di jantung permainan Italia untuk Euro 2020 ini, cuma Jorginho yang turun sebagai starter lebih sering daripada Barella. Jorginho lima kali, sedangkan Barella empat kali. Disusul Verratti (tiga kali), Manuel Locatelli (dua kali), dan Matteo Pessina (sekali).

Nah, 5 dari 11 gol Italia dihasilkan gelandang-gelandangnya. Yaitu, Manuel Locatelli dan Matteo Pessina masing-masing dengan koleksi dua gol. Barella menyuplai satu gol dan dua assist. Sementara itu, termasuk assist-nya kemarin, Verratti sudah menyumbangkan dua assist.

Berbicara kepada RAI Sport, Verratti mengungkapkan kinerja dari lini kedua yang sudah diinstruksikan Mancio –sapaan akrab Mancini. ’’Kami bekerja secara kolektif, menekan dengan garis pertahanan yang tinggi, dan tidak membiarkan tim lawan mempunyai banyak waktu untuk memegang bola,’’ tutur Verratti.

Editor : Ainur Rohman

Reporter : ren/c17/dra

Saksikan video menarik berikut ini:

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads