alexametrics

Barca Sewakan Camp Nou, Hasilkan Rp 1,3 Miliar dalam 2 Hari

4 Juni 2022, 11:28:33 WIB

JawaPos.com – Berada di puncak klasemen klub dengan utang terbanyak di liga elite Eropa bukan hal mengejutkan bagi FC Barcelona.

Sepanjang musim lalu, Barca telah melakukan segala cara untuk mengurangi pengeluaran. Salah satunya melepas sang bintang, Lionel Messi.

Hal itu belum cukup karena Barca dituntut untuk terus berinovasi supaya bisa menghasilkan dana segar.

Selain rencana kembali melepas pemain pilar di bursa transfer musim panas nanti, ada cara lain yang sudah dilakukan klub asal Catalan tersebut. Yakni, menyewakan Camp Nou untuk umum.

Seperti dilansir Mundo Deportivo, ada dua hari dalam bulan ini yang bisa digunakan siapa pun untuk mencicipi rumput Camp Nou.

Masing-masing pada 6 dan 11 Juni. Tarif sewa yang dipatok adalah EUR 300 (Rp 4,6 juta) per orang. Tarif tersebut untuk memainkan pertandingan selama 60 menit. Belum termasuk pemanasan selama 15 menit.

Dengan gambaran tersebut, selama 2 hari itu bakal ada 288 orang yang menyewa Camp Nou.

Jika masing-masing dari mereka membayar EUR 300 (Rp 4,6 juta) untuk bermain, total pemasukan yang didapat Barca adalah EUR 86,4 ribu (Rp 1,3 miliar).

”Semua peserta akan mendapat fasilitas seperti yang didapat pemain FCB. Mulai arahan dari tim teknis, menempati ruang ganti, menggunakan fasilitas pemandian, hingga bantuan tim medis,” tulis Mundo Deportivo.

Tidak berhenti sampai di situ. Jika kerabat dari peserta yang menyewa Camp Nou ingin masuk ke museum, mereka bisa membayar EUR 30 (Rp 465 ribu) dari harga awal EUR 63 (Rp 978 ribu).

Itu adalah kali kedua Barca menjajakan fasilitas stadion berkapasitas 99.354 penonton tersebut. Pertengahan Maret lalu, Barca menjalin kesepakatan dengan Spotify sebagai sponsor baru per musim depan.

Konsekuensinya, Camp Nou bakal berganti nama menjadi Spotify Camp Nou selama empat tahun mengacu kesepakatan senilai EUR 280 juta (Rp 4,3 triliun).

Meski misi utama adalah mendapat dana tambahan, maksud lain dari penyewaan Camp Nou adalah bisa lebih dekat dengan Barcelonistas.

Benar saja. Penghasilan dari dua hari menyewakan lapangan Camp Nou bisa menutup gaji sepekan bek Barca Clement Lenglet, yakni EUR 81 ribu (Rp 1,25 miliar).

Editor : Candra Kurnia

Reporter : io/c19/dns

Saksikan video menarik berikut ini: