alexametrics

Ronaldo Lewati Rekor Dahsyat Messi, Laga Juve Dipimpin Wasit Perempuan

3 Desember 2020, 07:09:23 WIB

JawaPos.com-Barcelona dan Juventus kompak meraih kemenangan 3-0 atas lawan-lawannya pada laga kelima Grup G Liga Champions yang berlangsung pada Kamis dini hari ini WIB (3/12).

Bertandang ke markas Ferencvaros di Stadion Puskas Arena, Budapest, Hungaria, Barcelona menang 3-0. Semua gol Barcelona tercipta sebelum pertandingan genap berusia 30 menit.

Antoine Griezmann membuka keunggulan Barcelona pada menit ke-14 dengan sontekan cermatnya menyambut umpan tarik kiriman Jordi Alba.

Enam menit kemudian, kegagalan Abraham Frimpong menyapu umpan silang Ousmane Dembele dimanfaatkan oleh Martin Braithwaite yang mencocor bola ke pojok bawah kanan gawang Ferencvaros. Barcelona unggul 2-0.

Di menit ke-26, Braithwaite dijatuhkan oleh Frimpong di kotak terlarang. Wasit Aleksei Kulbakov menghadiahi tim tamu dengan tendangan penalti. Dembele dengan tenang mengeksekusi penalti dengan mengecoh kiper Denes Dibusz. Barcelona sukses memperlebar jarak keunggulan menjadi 3-0.

Sementara itu di Stadion Allianz, Juventus juga meraih kemenangan dengan skor identik atas tamunya Dynamo Kiev. Gol-gol Juventus didulang oleh Federico Chiesa, Cristiano Ronaldo dan Alvaro Morata.

Tandukan Chiesa membawa Juventus memimpin sejak menit ke-21. Ronaldo mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-57. Dia menceploskan bola setelah menerima bola liar hasil halauan tak sempurna kiper Heorhii Bushchan atas umpan silang Chiesa.

Ini adalah gol ke-750 dalam karir Ronaldo. Selain itu, Ronaldo juga mencetak 71 gol dalam laga kandang. Dia menjadi pemain dengan catatan gol terbanyak di kandang sendiri dalam sejarah Liga Champions. Ronaldo melewati rekor superstar Barcelona Lionel Messi yang mengoleksi 70 gol pada partai kandang di Camp Nou.

“750 gol, 750 momen bahagia, 750 senyum di wajah fans kami. Terima kasih kepada para pemain dan para pelatih yang membantu saya mencapai angka yang luar biasa ini. Terima kasih kepada lawan-lawan loyal saya yang membuat saya bekerja keras dan semakin keras setiap hari,” tulis Ronaldo di akun Instragam.

“Pemberhentian selanjutnya: 800,” lanjut Ronaldo.

Sembilan menit setelah gol Ronaldo, Morata berhasil mencetak gol dengan memperdaya Bushchan dengan tembakan mendatar.

Laga Juventus melawan Dynamo Kiev ini menjadi salah satu tonggak penting sepak bola Eropa. Sebab, pertandingan ini dipimpin oleh wasit perempuan Stephanie Frappart. Wasit 36 tahun asal Prancis itu adalah perempuan pertama yang memimpin partai Liga Champions.

Penyerang Juventus Federico Chiesa (kanan) hendak menyalami wasit Stephanie Frappart setelah laga melawan Dynamo Kiev. (Vincenzo Pinto/AFP)

Hasil-hasil itu memantapkan posisi Barcelona di puncak klasemen dengan koleksi 15 poin, unggul tiga poin atas Juventus. Barcelona menjadi satu-satunya tim di Liga Champions sejauh ini yang mencatat hasil sempurna, 100 persen.

Kendati demikian, juara Grup G akan ditentukan ketika Barcelona menjamu Juventus dalam laga pamungkas di Camp Nou pada Selasa (8/12) pekan depan.

Sedangkan Dynamo Kiev dan Ferencvaros yang sama-sama mengoleksi satu poin, akan berebut satu tiket ke Liga Europa.

Editor : Ainur Rohman

Reporter : Antara


Close Ads