alexametrics

Inilah Tiga Calon Pelatih Terbaik Dunia 2016 Versi FIFA

3 Desember 2016, 04:50:00 WIB

JawaPos.com – Tiga nomine peraih penghargaan The Best FIFA Men’s Coach Award telah diumumkan. Tiga nama yang maju untuk merebut status pelatih terbaik putra adalah Claudio Ranieri, Fernando Santos, dan Zinedine Zidane.

Prestasi ketiganya di pentas sepak bola sepanjang tahun 2016 memang sangat mengilap. Sebut saja Ranieri, yang berhasil mempersembahkan gelar juara Premier League kepada Leicester City untuk pertama kali sepanjang sejarah.

Sebagai tim yang sangat tidak diunggulkan, dengan pasar taruhan 5000-1 saat musim dimulai, Ranieri mampu mengukir kisah cinderalla bersama The Foxes. Trofi perdana dari kompetisi kasta teratas sukses diraih Leicester sejak 130 tahun keikutsertaan.

Bagi Ranieri, ini sekaligus menjadi gelar juara liga pertamanya selama 30 tahun berkecimpung di dunia kepelatihan.

Pesaingnya, Santos, merupakan pria yang membawa Timnas Portugal menjuarai Euro 2016. Inilah trofi penting pertama yang diraih Seleccao Das Quinas sepanjang sejarah dan diraih saat mereka justru tak diunggulkan ketimbang negara-negara besar lain semisal Jerman, Italia, atau tuan rumah Prancis.

Nama terakhir, Zidane, menjadi fenomena di dunia kepelatihan sejak didaulat menukangi Real Madrid pada pertengahan musim 2015-2016. Selepas menggantikan Rafael Benitez pada awal Januari, Zidane mampu mengangkat prestasi Los Blancos hingga puncaknya menjadi kampiun Liga Champions untuk ke-11 kali sepanjang sejarah.

Ketiga nama itu akan bersaing untuk menjadi yang terbaik pada tahun ini. Proses pemilihan akan digelar FIFA melalui voting kapten dan pelatih tim nasional, perwakilan media, dan juga publik melalui situs fifa.com. Siapa pemenangnya akan diumumkan pada acara seremoni di Zurich, Swiss, pada 9 Januari 2017.

Sementara itu, dari kategori The Best FIFA Women’s Coach Award, tiga nama yang akan maju dalam pertarunga terakhir adalah Jill Ellis (pelatih timnas putri AS), Silvia Neid (mantan pelatih timnas putri Jerman), dan Pia Sundhage (pelatih timnas putri Swedia). (ira/JPG)

Editor : Irawan Dwi Ismunanto



Close Ads
Inilah Tiga Calon Pelatih Terbaik Dunia 2016 Versi FIFA