alexametrics
Serie A Italia

Pindah ke AS Roma, Mkhitaryan Kembali Melanjutkan Siklus 18 Bulan

3 September 2019, 19:00:42 WIB

JawaPos.com – ’’Aku ingin jadi legenda di Manchester United.’’ Itu yang pernah dikatakan Henrikh Mkhitaryan setelah meninggalkan Borussia Dortmund pada musim panas 2016. Mikhi, sapaan akrab Mkhitaryan, lalu mengubah mimpinya. ’’Saya ingin jadi legenda Arsenal,’’ ujarnya pada Januari tahun lalu.

Tetapi, mimpinya tak pernah kesampaian. Jangankan legenda, gelandang 30 tahun itu selalu terbuang dalam rentang waktu 18 bulan. Tren itu bermula dari Carrington, kamp latihan United, lalu berlanjut ke Arsenal, dan kini di AS Roma. Ya, tadi malam WIB, Mkhitaryan sudah mendarat di kota Roma.

Media-media Italia memublikasikan fotonya yang memakai syal Roma. Dia akan menjalani tes medis di Clinica Roma Villa Stuart. ’’Aku gembira dapat datang ke sini,’’ ungkap Mkhitaryan sebagaimana dilansir laman Roma News.

Kepergiannya ke Roma hanya berstatus pinjaman. Calciomercato melaporkan, di Roma dia bakal menerima bayaran EUR 5 juta (Rp 77,8 miliar) selama satu musim durasi peminjamannya. Selain itu, Il Lupi, julukan Roma, bisa menebusnya musim depan dengan fee EUR 15 juta (Rp 233,4 miliar).

Berbicara pasca tertahan 1-1 kontra Lazio pada Derby della Capitale kemarin WIB (2/9), allenatore Roma Paulo Fonseca tak memungkiri bahwa klubnya masih memerlukan pemain anyar. ’’Pemain yang sudah berpengalaman di Eropa,’’ ucap Fonseca seperti dikutip laman Forza Roma. Saat ini Roma hanya bermain di Liga Europa.

Mkhitaryan pernah sekali meraihnya dengan United pada 2016–2017. Rekan seklubnya saat jadi juara, Chris Smalling, juga kembali jadi koleganya di Roma. Status Smalling pun berstatus pinjaman. Bek baru Roma lainnya, Davide Zappacosta, juga datang dari Chelsea, klub juara Liga Europa musim lalu.

Kehadiran Mkhitaryan ke Roma itu sekaligus makin mengentalkan label Serie A sebagai tempat peminjaman pemain dari Premier League. Sebab, selain Smalling dan Mkhitaryan, Alexis datang ke Serie A sebagai pemain pinjaman di Inter Milan. Alexis pun pernah menyabet trofi Piala Super Eropa semasa membela Barcelona pada 2011.

Editor : Mohammad Ilham

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads