alexametrics

10 Pemain Termahal di Bursa Transfer Musim Panas 2017

3 September 2017, 07:04:44 WIB

JawaPos.com – Bursa transfer musim panas sudah ditutup untuk beberapa liga papan atas Eropa. Tak sedikit kejutan yang muncul dari kesibukan aktivitas transfer. Termasuk ketika Neymar muncul sebagai pemain termahal dunia usia diboyong Paris Saint-Germain (PSG) dari Barcelona senilai 222 juta euro.

Langkah yang diambi PSG untuk memboyong Neymar terbilang cukup nekat. Bagaimana tidak, angka 222 juta euro merupakan klausul pelepasan yang terdapat dalam kontra baru Neymar bersama Barcelona. Semula, El Barca yakin betul tak ada klub yang “nekat” menggelontorkan dana sebesar itu.

Namun, PSG dengan modal dana berlimpah, ternyata muncul menjadi klub “nekat” itu. Ancaman pelanggaran Financial Fair Play (FFP) tak menghalangi langkah Les Parisiens menggaet bintang Timnas Brasil tersebut.

Bahkan, PSG tak lantas berhenti hanya dengan transfer Neymar. Mereka juga berhasil mengamankan servis Kylian Mbappe. PSG menebus winger AS Monaco tersebut dengan mahar 180 juta euro.

Akan tetapi, Mbappe tidak masuk daftar transfer termahal pada musim panas ini. Pasalnya, dia pindah ke PSG dengan status pinjaman dan baru akan ditebus dengan 180 juta euro pada musim depan. Hal ini diyakini sebagai langkah PSG untuk mengakali aturan FFP.

Barcelona, yang terpukul dengan kepergian Neymar, langsung bereaksi cepat mendatangkan wonderkid asal Borussia Drtmund, Ousmane Dembele. Penyerang sayap asal Prancis itu dihadirkan ke Camp Nou dengan status pemain termahal kedua pada musim panas ini usai ditebus senilai 105 juta euro.

Lalu, siapa saja pemain yang masuk daftar termahal pada bursa transfer musim panas tahun ini? Berikut 10 teratas seperti dilansir Transfermarkt:

1) Neymar (Barcelona ke Paris Saint-Germain, 222 juta euro)
2) Ousmane Dembele (Borussia Dortmund ke Barcelona, 105 juta euro
3) Romelu Lukaku (Everton ke Manchester United, 84,7 juta euro)
4) Alvaro Morata (Real Madrid ke Chelsea, 62 juta euro)
5) Benjamin Mendy (AS Monaco ke Manchester City, 57,5 juta euro)
6) Alexandre Lacazette (Olympique Lyonnais ke Arsenal, 53 juta euro)
7) Kyle Walker (Tottenham Hotspur ke Manchester City, 51 juta euro)
8) Bernardo Silva (AS Monaco ke Manchester City, 50 juta euro)
9) Gylfi Sigurdsson (Swansea City ke Everton, 49,4 juta euro)
10) Leonardo Bonucci (Juventus ke AC Milan, 42 juta euro)

Editor : admin

Reporter : (ira/JPC)

Saksikan video menarik berikut ini:

10 Pemain Termahal di Bursa Transfer Musim Panas 2017