alexametrics

Kontrak Mohamed Salah Tuntas di Mykonos

3 Juli 2022, 09:03:56 WIB

JawaPos.com – Liverpool FC (LFC) akhirnya berhasil membujuk penyerang Mohamed Salah untuk bertahan. Kemarin (2/7) Salah bersedia memperpanjang durasi kontraknya hingga musim panas 2025 mendatang.

Kabar tersebut jelas melegakan LFC. Sebab, sebelum kemarin, ikatan Salah dengan klub juara Liga Champions enam kali itu rampung musim panas tahun depan.

Kontrak kerja baru tersebut membuat Salah mendapatkan gaji hampir dua kali lipat dari yang didapat sebelumnya.

Dari GBP 200 ribu (Rp 3,62 miliar) per pekan, kini gaji Salah disebutkan Daily Mail menjadi GBP 400 ribu (Rp 7,24 miliar) per pekan. Namun, ada juga yang menyebut GBP 350 ribu (Rp 6,33 miliar) per pekan.

Dengan gaji tersebut, Salah kini jadi pemain bergaji tertinggi di Premier League.

Di dunia, The Egyptian King –julukan Salah– kini nomor empat pemain bergaji tertinggi setelah trio lini depan Paris Saint-Germain, Kylian Mbappe, Lionel Messi, dan Neymar.

’’Keberhasilan (mempertahankan Salah) ini adalah penghargaan besar bagi Mike Gordon (presiden Fenway Sports Group, owner LFC) dan Julian Ward (direktur olahraga LFC),’’ puji der trainer LFC Jurgen Klopp dalam laman resmi klub.

Dua sosok tersebut memang jadi kunci di balik tuntasnya negosiasi kontrak dengan Salah yang sempat berbelit.

Sumber surat kabar Liverpool Echo dari internal LFC menyebut bahwa Ward dan Gordon langsung memutuskan terbang menemui Salah yang sedang berlibur di Mykonos, Yunani.

Upaya itu ditempuh setelah negosiasi dengan agen Salah, Ramy Abas Issa, berlangsung berlarut-larut dan tak juga menemui hasil. Termasuk permintaan bayaran GBP 500 ribu (Rp 9,05 miliar) per pekan.

Karena itu, video Salah stays yang mengumumkan perpanjangan kontrak Salah dalam unggahan laman resmi LFC dan akun-akun medsos resmi milik klub berlangsung di lokasi dekat pantai.

’’Tentu ini (negosiasi dengan Salah) membutuhkan sedikit waktu, tapi tak masalah dan hal-hal terbaik selalu layak ditunggu,’’ sebut Klopp.

Kloppo –sapaan akrab Klopp– menganggap besaran gaji per pekan yang didapatkan Salah itu sebagai hal normal. ’’Karena Mo (Salah) adalah salah satu pemain terbaik dunia,’’ sambung tactician yang membawa Salah ke Merseyside dari AS Roma itu.

Setidaknya, upaya Ward dan Gordon ini sudah mampu memagari Salah dari kejaran klub elite Eropa lainnya. Sebut saja Real Madrid yang sempat santer dikabarkan membidik jasanya musim panas ini.

Nyatanya, bukan Salah yang pergi, melainkan pasangan duetnya dalam beberapa musim terakhir, Sadio Mane.

’’Ini bakal jadi treatment spesial bagi pendukung kami untuk menikmati akhir pekannya lebih indah. Aku yakin akan ada beberapa perayaan setelah kabar bagus ini malam ini (kemarin, Red),’’ klaim Klopp.

Bukan hanya Klopp yang lega. Begitu pun rekan-rekan setim Salah seperti Virgil van Dijk.

Legenda LFC Jamie Carragher pun ikut mengapresiasi gerak cepat petinggi klub dalam mengamankan Salah.

Berkaca dari kasus ketika kehilangan Mane yang memilih angkat koper ke Bayern Munchen, Carra –sapaan akrab Carragher– menilai keputusan untuk memberikan nominal tinggi dalam bayaran per pekan Salah cukup krusial.

Maklum, selama ini belum pernah ada pemain LFC yang digaji sebesar Salah. Bahkan di era Carra sekalipun.

’’Dan, kami pun tahun berapa bayaran tertinggi yang didapatkan pemain top lain di klub lainnya,’’ ucap Carra yang juga pundit Sky Sports.

Musim lalu, walaupun di jajaran tiga besar penerima gaji tertinggi di LFC ada nama Salah, angka tertinggi hanya GBP 220 ribu (Rp 3,98 miliar) dan itu didapatkan Van Dijk.

Meski, Salah dalam ucapannya mengelak bahwa faktor uang yang jadi alasannya masih bersedia mengenakan jersey merah LFC sampai empat musim ke depan.

’’Aku merasa baik-baik saja di sini (LFC) dan aku tertantang untuk memenangi trofi untuk klub ini lagi pada musim-musim berikutnya,’’ klaim Salah.

Editor : Candra Kurnia

Reporter : ren/c17/dra

Saksikan video menarik berikut ini: