alexametrics

Timnas Inggris Dibantu Seorang Ilmuwan dan Psikolog Olahraga Terbaik

3 Juli 2021, 19:46:27 WIB

JawaPos.com-Inggris memainkan permainan berbeda ketika mengalahkan Jerman 2-0 dalam babak 16 besar Euro 2020 di Wembley Stadium (30/6). Dari yang sebelumnya tim kurang agresif menjadi tim yang sangat agresif dan kini mulai difavoritkan sebagai juara Euro 2020.

Ternyata, ada rahasia di balik sukses The Three Lions dalam laga tersebut. Yaitu, peran Dr Ian Mitchell. Dia adalah kepala Bagian Psikologi Performa Federasi Sepak Bola Inggris.

”Tugas Mitch (sapaan akrab Mitchell, Red) adalah membantu pemain dalam menyiapkan mental sebelum menghadapi tantangan besar,’’ ungkap kiper Inggris Jordan Pickford kepada Evening Standard.

Pickford lalu menjelaskan kinerja Mitchell kepada dia dan rekan-rekannya. Biasanya, Mitchell punya satu sesi recovery setelah laga. ’’(Berisi, Red) beberapa sesi pernapasan dan kami pun mendapat teknik pernapasan yang bagus darinya. Jika Anda perlu menemuinya empat mata, dia selalu tersedia untuk Anda,” bebernya.

Selain sesi recovery, Mitchell menganalisis psikologis pemain berdasar data statistik timnas Inggris. Mitchell sejatinya bukan orang baru bagi The Three Lions. Sebelumnya, dia menemani Inggris di Piala Dunia 2018.

Dalam ajang empat tahunan di Rusia tersebut, Kane dkk sukses melaju hingga semifinal. Kini, The Three Lions tinggal selangkah lagi menapak semifinal Euro 2020.

Editor : Ainur Rohman

Reporter : ren/c13/dns

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads