Liverpool Ditahan Imbang Brighton & Hove Albion 3-3

2 Oktober 2022, 05:28:33 WIB

JawaPos.com–Pesta enam gol terjadi saat Liverpool ditahan imbang Brighton & Hove Albion dengan skor 3-3 dalam pertandingan pekan ke-9 Liga Inggris di Anfield, Liverpool, Sabtu (1/10) WIB.

Liverpool tertinggal dua gol sebelum 20 menit lewat sepasang gol Leandro Trossard. Roberto Firmino memperkecil skor di babak pertama.

Tuan rumah berbalik unggul lewat gol kedua Firmino dan bunuh diri Adam Webster. Brighton mencuri satu poin berkat hat-trick Trossard di 10 menit akhir pertandingan.

Itu merupakan hasil imbang ketiga Liverpool musim ini dan membuat mereka tertahan di posisi ke-9 klasemen dengan 10 poin. Brighton di posisi keempat dengan 14 poin, demikian laporan laman resmi Liga Premiar Inggris seperti dilansir dari Antara.

Liverpool yang mengambil inisiatif serangan malah kebobolan gol cepat saat laga baru berjalan empat menit. Pascal Gross memberikan bola kepada Danny Welbeck yang meneruskannya ke Leandro Trossard dengan umpan backheel. Trossard mengecoh Trent Alexander-Arnold sebelum menaklukkan kiper Alisson Becker untuk membuat skor menjadi 1-0.

Brighton nyaris menambah keunggulan pada menit ke-12 ketika Soley March melepaskan umpan silang ke kotak penalti dan disambut tandukan Welbeck, yang bisa ditepis Alisson. Dua menit kemudian rapuhnya lini belakang Liverpool membuat Brighton mendapatkan kans lagi. Serangan balik Brighton diakhiri dengan tendangan keras Trossard ke gawang, tetapi Alisson masih bisa menepisnya.

Pada menit ke-18, Trent membuat kesalahan yang berujung gol kedua bagi Brighton. Bek kanan asal Inggris itu salah mengoper dan dipotong Moises Caicedo yang menyodorkan bola kepada March di kotak penalti. March memberikan balik bola tersebut kepada Trossard yang dengan tenang memasukkan bola ke gawang Alisson.

Tertinggal 0-2, Liverpool mulai menyerang dengan agresif. Pada menit ke-31, Mohamed Salah mendapat bola di depan gawang setelah menerima umpan lambung Trent. Tetapi bola tembakannya bisa ditepis Robert Sanchez.

Firmino memperkecil skor jadi 1-2 pada menit ke-33 lewat sontekan di depan gawang meneruskan umpan Salah. Gol tersebut sempat ditinjau VAR karena Salah dianggap offside, sebelum akhirnya disahkan.

Liverpool coba menambah gol di sisa babak pertama, tetapi hingga turun minum tidak ada gol tambahan.

Masuk di babak kedua, Liverpool langsung menggebrak dan menyamakan skor pada menit ke-54. Firmino mencetak gol keduanya setelah menerima umpan dari Luis Diaz.

Firmino menguasai bola dengan kaki kanan dan mengecoh satu pemain, sebelum menaklukkan Sanchez dari jarak dekat dengan kaki kirinya. Gol itu membuat Liverpool makin bernafsu untuk mencetak gol lagi.

Firmino nyaris bikin mencetak gol ketiganya pada menit ke-57, andai saja sundulannya dari jarak dekat tidak ditangkap Sanchez. Liverpool akhirnya berbalik unggul 3-2 pada menit ke-63 saat Adam Webster menjebol gawangnya sendiri, setelah bola hasil sepak pojok Trent mengenai badannya.

Meski dalam posisi memimpin, Liverpool masih belum nyaman dalam bermain dan kerap mendapatkan tekanan dari Brighton. Satu peluang didapat tim tamu lewat sontekan Welbeck pada menit ke-74 setelah menerima umpan Estupinan, tetapi Alisson bisa menepisnya.

Kemenangan Liverpool di depan mata akhirnya buyar setelah Brighton menyamakan kedudukan pada menit ke-83. Trossard mencetak trigol setelah memanfaatkan kesalahan pemain Liverpool. Kesalahan dari sisi kanan pertahanan Liverpool membuat Brighton leluasa melakukan serangan dan umpan Kaoru Mitoma dituntaskan Trossard dengan tembakan ke ke pojok atas.

Liverpool berupaya untuk menambah gol, tetapi upayanya sia-sia. Hingga laga Liverpool vs Brighton berakhir, skor imbang 3-3 bertahan.

Susunan Pemain:

Liverpool (4-3-3): Alisson; Trent Alexander-Arnold, Joel Matip, Virgil van Dijk, Kostantinos Tsimikas (James Milner 59′); Jordan Henderson (Harvey Elliott 59′), Fabinho, Thiago (Darwin Nunez 89′); Mohamed Salah, Roberto Firmino (Diogo Jota 75′), Fabio Carvalho (Luis Díaz 45′).

Brighton (3-4-2-1): Robert Sanchez; Adam Webster, Lewis Dunk, Joel Veltman; Solly March, Alexis Mac Allister, Moises Caicedo, Pervis Estupinan (Adam Lallana 76′); Pascal Gross (Kaoru Mitoma 65′), Danny Welbeck, Leandro Trossard (Tariq Lamptey 87′).

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : Antara

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads