alexametrics
Liga Champions

Nama Depan Messi Jadi Nama Bayi Paling Populer Keenam di Catalan

2 Oktober 2019, 18:30:03 WIB

JawaPos.com – Meski diragukan berpartisipasi dalam laga melawan Inter Milan dini hari nanti (3/10) karena cedera paha kiri, Lionel Messi tetap menjadi sorotan. Bukan hanya masih membahas penghargaan pemain terbaik dunia kali keenam yang diraih Messi sepekan lalu. Tapi juga semakin populernya nama depan Messi, Leo, di Catalan.

Menurut The Institut d’Estadística de Catalunya (Idescat) atau Institut Statistik Catalan, dari 63.178 kelahiran tahun lalu, Leo menjadi nama depan paling populer keenam dengan jumlah 459. Ada di belakang Marc (640), Pol (548), Alex (499), Jan (489), dan Nil (461) sebagai lima nama depan favorit di Catalan.

Posisi keenam boleh dibilang sudah luar biasa bagi Messi. Sebab, dibandingkan ketika La Pulga datang ke Catalan pada 2000, kepopulerannya meningkat ratusan kali lipat. ’’Hanya empat bayi dengan nama Leo ketika Messi datang kali pertama di Catalan (2000). Kemudian, bertambah jadi sebelas nama ketika Messi menjalani debut di tim utama Barca (2004),’’ tulis Idescat di laman resmi mereka sebagaimana dikutip Mundo Deportivo.

Pada 2004, Leo praktis hanya menjadi pilihan nama depan urutan ke-262 seantero Catalan. Dua tahun lalu, nama Leo sudah digunakan 443 anak yang lahir dan berada di urutan ke-12 nama favorit.

Secara khusus, untuk tiga wilayah Catalan, yakni Valles Occidental, Anoia, dan Tarragones, nama Leo tercatat sebagai nama yang paling banyak diberikan orang tua untuk kelahiran anaknya tahun lalu. Untuk wilayah Barcelona, nama Leo menduduki posisi ketiga. ’’Selain reputasinya sebagai pesepak bola top dunia, kehidupan keluarga Messi yang harmonis turut menginspirasi penduduk Catalan,’’ tulis Mundo Deportivo.

Editor : Mohammad Ilham

Reporter : dra/dns

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads