alexametrics
La Liga Spanyol

Bermain di Atletico, tapi Koke dan Saul Pilih Kuliah di Barcelona

1 Desember 2019, 19:00:49 WIB

JawaPos.com – Biasanya, setelah gantung sepatu, mayoritas pesepak bola memilih jalur karir menjadi pelatih. Kalaupun tidak di pinggir lapangan sebagai juru strategi, minimal eks pesepak bola akan bergelut dengan hal-hal yang berkaitan dengan si kulit bundar. Misalnya, pandit.

Namun, dua gelandang Atletico Madrid, Koke dan Saul Niguez, mempersiapkan diri dengan peluang di dunia selain sepak bola seandainya kelak gantung sepatu. Seperti diberitakan EFE kemarin (30/11), dua pemain yang dibesarkan Atletico itu saat ini sedang menjalani program master.

Yang mungkin mengejutkan, universitas yang mereka pilih adalah Universitat de Barcelona. ’’Keduanya menjalani kelas daring yang tak membutuhkan kehadiran di kelas secara langsung. Mereka tertarik ke Universitat de Barcelona karena ada program Barca Innovation Hub,’’ tulis EFE.

Sesuai namanya, Barca Innovation Hub merupakan program FC Barcelona untuk mempersiapkan pemain dengan keahlian lain setelah gantung sepatu. Dalam perkembangannya, Barca Innovation Hub tak hanya bisa diakses pemain Barca.

Untuk hal yang masih terkait dengan olahraga, Barca Innovation Hub memiliki jurusan persiapan fisik, nutrisi, dan performa. Selanjutnya, untuk bidang di luar olahraga, ada jurusan pemasaran, keuangan, dan komunikasi.

Sebelum Koke dan Saul, mantan gelandang Atletico yang musim ini pindah ke Manchester City, Rodri Hernandez, juga menempuh kuliah. Bukan dalam program milik Barca maupun di Universitat de Barcelona, melainkan di sebuah kampus di Kota Villarreal. Malah, rekrutan termahal dalam sejarah City (EUR 70 juta atau Rp 1,08 triliun) itu sudah dijadwalkan menjalani ujian pada Februari mendatang.

Menurut pengakuan Rodri kepada Manchester Evening News, kuliah memberikan ilmu berbeda dan perspektif tambahan di lapangan. ’’Bangku perkuliahan mengajarimu untuk membuat keputusan cepat dalam situasi tertentu. Hal tersebut yang saya dapatkan dari jurusan administrasi bisnis dan manajemen yang saya ambil,’’ tutur Rodri.

Editor : Mohammad Ilham

Reporter : dra/dns

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads