alexametrics
Liga Champions

Lloris Terusik Aksi Cruijff Turn, Neuer Terusik Ter Stegen

1 Oktober 2019, 19:30:14 WIB

JawaPos.com – Komparasi sebanding dalam skuad Tottenham Hotspur dan Bayern Muenchen bukan hanya posisi nomor 9, melainkan juga ada perbandingan setara di bawah mistar. Hugo Lloris dari Spurs dan Manuel Neuer di kubu Bayern.

Bahkan, Lloris dan Neuer menjabat rangkap kapten, baik di klub maupun timnas. Lloris di timnas Prancis dan Neuer bersama timnas Jerman. Sayang, menghadapi laga dini hari nanti, sorotan untuk kedua kiper lebih bernada negatif.

Untuk Lloris, penjaga gawang berusia 32 tahun itu masih dikritik karena kesalahan saat menghadapi Southampton pada matchweek ketujuh Premier League (28/9). Aksi Lloris memutar tubuh untuk mengelabui penyerang Southampton Danny Ings gagal. Bola kemudian dicuri Ings dan berbuah gol.

Gerakan tipuan Lloris itu dipopulerkan legenda Belanda Johan Cruijff alias Cruijff turn. ’’Hal-hal itu sering terjadi di sepak bola. Ketika seorang pemain ingin melakukan sesuatu di lapangan yang ternyata situasinya tidak ideal,’’ bela pelatih Spurs Mauricio Pochettino kepada Sky Sports. ’’Bagi saya, Hugo (Lloris) masih satu di antara lima kiper terbaik dunia saat ini,’’ tambah pelatih yang musim lalu membawa Spurs ke final Liga Champions tersebut.

Sementara itu, kabar paling sering dibicarakan dari Neuer belakangan ini berkaitan dengan status kiper nomor satu Jerman. Ada komplain dari kiper FC Barcelona Marc-Andre ter Stegen yang merasa tidak diperlakukan adil lantaran hanya menjadi cadangan abadi Neuer.

Di sisi lain, meski menjadi pertemuan pertama dalam baju Spurs dan Bayern dini hari nanti, Lloris dan Neuer sudah pernah head-to-head di tim yang lama. Yakni, Lloris di Olympique Lyon dan Neuer bersama Schalke 04. Pertemuan terjadi dua kali.

Yakni, fase grup Liga Champions 2010–2011. Pada matchday pertama grup B di kandang, Lloris dan Lyon menang 1-0. Namun, pada matchday kelima, Neuer-Schalke membalas dengan 3-0.

Di level timnas, Lloris versus Neuer juga sudah terjadi empat kali. Lloris menang tiga kali dan Neuer hanya menang sekali. Lloris clean sheets dua kali, sedangkan Neuer hanya sekali.

Editor : Mohammad Ilham

Reporter : dra/dns

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads