alexametrics
Final Piala FA

Awas, Olivier Giroud Bisa Bikin Arsenal Patah Hati Lagi

1 Agustus 2020, 19:30:06 WIB

JawaPos.com – ’’KLUB ini mengubah hidup saya. Saya punya banyak teman di klub ini dan saya berutang pada klub ini,’’ kata penyerang Chelsea Olivier Giroud kepada L’Equipe setelah final Liga Europa tahun lalu di Olympic Stadium, Baku. Testimoni yang membuat Gooners –sebutan fans Arsenal– patah hati. Maklum, Giroud mencetak satu gol ke gawang Arsenal ketika Chelsea menang 4-1 atas Arsenal.

Dan, Giroud bisa sekali lagi membuat Gooners ambyar ketika keduanya bertemu di final Piala FA malam ini (1/8) di Stadion Wembley. Performa penyerang 34 tahun itu bersama Chelsea sedang ganas. Dalam sepuluh laga terakhir, saat kompetisi dimulai lagi Juni lalu, Giroud mencetak tujuh gol. Enam di ajang Premier League dan satu di Piala FA.

Pelatih Chelsea Frank Lampard sebagaimana dikutip Daily Mail mengatakan bahwa Giroud adalah sosok petarung. Padahal, dia sempat frustrasi pada paro pertama musim 2019–2020. Dia nyaris dilego ke Inter Milan pada bursa musim dingin. Namun, Frankie –sapaan Lampard– memveto putusan penjualan Giroud. Frankie ingin Giroud bertahan.

’’Kita melihat seorang pemain depan dengan determinasi tinggi dan efektif di depan gawang lawan. Saya senang dia masih bersama kami,’’ puji Frankie setelah Chelsea menang 3-1 atas Manchester United di semifinal Piala FA (20/7).

Giroud yang diperpanjang kontraknya setahun saat periode kuntara karena pandemi Covid-19 menyebut, takdir yang membuatnya bertahan di Chelsea. Dan, keyakinannya bertahan membuahkan hasil dengan performa yang gemilang sejak kompetisi dimulai lagi.

Nah, Giroud juga punya catatan apik di Piala FA. Giroud tampil di empat final turnamen tertua di Inggris itu. Yakni, musim 2013–2014, 2014–2015, dan 2016–2017 ketika berkostum Arsenal. Juga 2017–2018 bersama Chelsea. Eks pemain Montpellier itu mencetak satu gol dan tiga assist di final Piala FA.

Opta Joe mencatat, setelah Perang Dunia II, hanya Ashley Cole yang mengangkat trofi Piala FA lebih banyak dari Giroud. Yakni, tujuh kali. Dan uniknya, Cole maupun Giroud memenangi trofi Piala FA dengan klub yang sama. Arsenal dan Chelsea.

Di sisi lain, pelatih Arsenal Mikel Arteta punya memori manis di final Piala FA bersama Giroud. Arteta adalah kapten Arsenal ketika Giroud mencetak gol di final Piala FA 2013–2014.

Editor : Mohammad Ilham

Reporter : dra



Close Ads