alexametrics

Mengejutkan, Jerman Kalah di Kandang Sendiri Lawan Makedonia Utara

1 April 2021, 05:21:11 WIB

JawaPos.com-Kejutan besar terjadi pada lanjutan kualifikasi Piala Dunia 2022.

Dari Grup J, Makedonia Utara secara mengejutkan mengalahkan tuan rumah Jerman dengan skor 2-1. Makedonia Utara mencetak gol penentu kemenangan pada menit ke-85 melalui Eljif Elmas.

Makedonia Utara seketika merayakan kemenangan internasional terbesarnya tersebut dengan suka cita.

Jerman yang merupakan juara dunia empat kali itu memang mampu mengendalikan permainan. Tetapi Jerman kesulitan untuk menuntaskan peluang demi peluang. Apalagi Makedonia Utara yang berada di posisi 65 dunia tersebut sangat disiplin dalam bertahan.

Ini adalah kekalahan kandang pertama Jerman dalam kualifikasi Piala Dunia dalam kurun waktu 20 tahun terakhir. Ironisnya, ini adalah laga kualifikasi terakhir di bawah asuhan pelatih Joachim Loew. Sebab, Loew memutuskan mundur setelah Piala Eropa 2021.

Pada babak pertama, Jerman mendominasi penguasaan bola sebanyak 70 persen. Jerman mendapatkan peluang bagus ketika tembakan Leon Goretzka membentur mistar gawang.

Tetapi justru Makedonia Utara yang membuka kran gol dalam pertandingan ini. Itu terjadi saat striker berusia 37 tahun Goran Pandev menusuk kotak penalti dan tanpa terkawal menciptakan gol pada menit ke-45+2.

Tendangan penalti gelandang Manchester City Ilkay Gundogan pada menit ke-63, membawa Jerman menyamakan kedudukan. Setelah gol Gundogan itu, Jerman terus menekan. Striker Chelsea Timo Werner bahkan memiliki peluang emas 10 menit menjelang bubaran. Tetapi tendangannya terlalu lemah dan melenceng, walau posisinya sudah sangat sempurna di depan gawang lawan.

Sebaliknya, justru Elmas yang akhirnya memastikan kemenangan Makedonia Utara lewat golnya pada menit ke-85.

Dengan hasil ini, Jerman tertahan di peringkat ketiga klasemen sementara Grup J dengan koleksi 6 poin hasil 2 kemenangan dan 1 kekalahan dalam 3 pertandingan.

Armenia secara mengejutkan menjadi pemuncak klasemen dengan catatan sempurna yakni 9 poin. Itu adalah hasil 3 kemenangan dalam 3 pertandingan. Makedonia Utara sendiri berada di posisi kedua dengan catatan poin yang sama dengan Jerman.

Editor : Ainur Rohman

Reporter : Antara





Close Ads