alexametrics

Pot Negara ASEAN pada Kualifikasi Piala Dunia 2022

1 April 2019, 08:20:50 WIB

JawaPos.com – Berdasar jadwal negara-negara di seluruh dunia akan mulai berjuang untuk bisa menapakkan kaki di Piala Dunia 2022. Rencananya akan serentak dimulai pada Juni mendatang.

Untuk kawasan Asia sendiri digelar mulai 6 Juni dengan dimulai dari putaran pertama. Ada 66 negara Asia yang akan saling sikut demi mencari tiket ke Qatar. Asia mendapat jatah tiket 4 atau 5 + 1. Empat tiket lolos langsung dan akan bertambah mejadi 5 andai memenangkan play-off antarkonfederasi. Sedangkan 1 tiket otomatis yakni tuan rumah Qatar.

Putaran pertama dimulai dengan play-off kualifikasi untuk lolos ke babak kedua. Ada 12 tim peringkat terendah AFC yang bertarung. Enam terbaik akan bergabung dengan 34 negara di babak kedua.

Pada putaran pertama ini ada lima negara ASEAN yang sudah harus berjuang. Mereka adalah Malaysia, Kamboja, Laos, Brunei Darussalam, dan Timor Leste. Andai lolos, mereka akan melaju ke putaran kedua.

Pada putaran kedua, 40 tim Asia akan dibagi menjadi pot berdasar peringkat. Keempat pot tersebut digunakan untuk membuat delapan grup yang masing-masing terdiri lima tim dengan format mini-liga.

Saat ini tim-tim kuat yakni Iran, Jepang, Korsel, Australia, Qatar, dan UEA menempati pot 1. Sedangkan Syria, Uzbekistan, Lebanon, dan Oman berada pada pot 2. Dua negara ASEAN yakni Thailand dan Filipina berada di pot 3. Myanmar ada di Pot 4. Sedangkan Indonesia dan Singapura akan mengisi ruang tersisa di pot 4 atau 5.

Jika semuanya tetap sama, Vietnam paling mudah di antara negara ASEAN lainnya. Sedangkan Indonesia dan Singapura bakal cukup sulit karena akan menempati salah satu pot terakhir.

Indonesia sendiri baru akan memulai kualifikasi Piala Dunia 2022 dari putaran kedua. Negara ASEAN lainnya yang mulai dari putaran kedua adalah Thailand, Vietnam, Filipina, Myanmar, dan Singapura.

AFC sendiri menerapkan sistem kualifikasi besama. Negara-negara yang berhasil lolos ke putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2022, mereka otomatis tampil di putaran final Piala Asia 2023. Ini menjadi peluang Indonesia. Andai mampu melewati putaran kedua kualifikasi Piala Dunia 2022, Merah Putih akan tampil di Piala Asia 2023 mendatang.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Indra Eka Setiawan

Pot Negara ASEAN pada Kualifikasi Piala Dunia 2022