alexametrics

Enrique Mundur dari Kursi Pelatih Timnas Spanyol, Moreno Ambil Alih

20 Juni 2019, 11:21:33 WIB

JawaPos.com – Kabar mengejutkan diembuskan oleh PSSI-nya Spanyol, RFEF, terkait pelatih La Furia Roja. Presiden RFEF, Luis Rubiales, dalam konferensi pers Rabu (19/6) waktu setempat mengumumkan bahwa Luis Enrique mundur dari kursi pelatih Timnas Spanyol. Sebagai gantinya, Robert Moreno yang sebelumnya menjadi asistennya, naik sebagai pelatih utama.

Enrique sendiri memang sudah tak mendampingi La Furia Roja dalam tiga laga di kualifikasi Euro 2020 yakni melawan Malta, Kep Faroe, dan Swedia. Alasan yang disampaikan Enrique ada masalah pribadi sehingga tak bisa mendampingi tim. Moreno yang bertugas menggantikannya dan sanggup membawa La Furia Roja selalu meraih kemenangan.

Dan, pada akhirnya Enrique disebut RFEF telah mundur dari jabatannya. Alasannya pun masih menjadi misteri karena RFEF juga menyebut ada masalah pribadi.

“Luis Enrique telah mengatakan tidak meneruskan tugasnya sebagai pelatih Timnas Spanyol. Ini adalah keputusannya dan kami harus menghormatinya. Kami berterima kasih kepada Enrique. Kami banyak belajar dari dia dan kami akan terus mendukungnya. Andai dia memutuskan kembali, kami akan menyambutnya secara terbuka,” ucap Rubiales seperti dilansir Marca.

Sementara itu, Enrique akhirnya menyampaikan surat terbuka terkait pengunduran dirinya. Pelatih berusia 49 tahun itu mengatakan tak bisa meneruskan pekerjaan sebagai pelatih Timnas Spanyol karena ada masalah pribadi sejak Maret lalu.

“Ada hal yang membuat saya berhalangan untuk menjalankan fungsi sebagai pelatih Timnas Spanyol secara normal sejak Maret hingga saat ini. Berdasar itu, saya memilih meninggalkan posisi saya sebagai pelatih kepala Timnas Spanyol,” sebut Enrique.

Mantan juru racik AS Roma dan Barcelona itu lantas berterima kasih kepada semua pihak yang telah mendukungnya selama ini, terutama RFEF dan suporter Timnas Spanyol. Dia pun menegaskan tak ada hal yang membuatnya kecewa dari Timnas terkait pengunduran dirinya. Semua murni karena masalah pribadi dan tak bisa diungkapkan.

Enrique sendiri bisa dibilang hanya seumur jagung menjadi pelatih La Furia Roja. Dia ditunjuk menukangi Timnas Spanyol sejak September 2018 atau usai Piala Dunia 2018. Dalam perjalanannya, Spanyol dibawanya meraih 5 kemenangan dan 2 kekalahan.

Sementara itu, Moreno adalah sosok yang cukup dekat dengan Enrique. Dia sudah menjadi asisten Enrique sejak melatih Celta Vigo, AS Roma, dan Barcelona.

Editor : Edy Pramana



Close Ads