alexametrics

Eden Hazard jadi Pemain Belgia Keempat Berkostum Madrid

8 Juni 2019, 06:48:37 WIB

JawaPos.com – Real Madrid dikenal sebagai klub yang gemar mengumpulkan pemain bintang berkualitas dari pelbagai negara. Tercatat Madrid paling sering mendatangkan pemain asing dari Brasil. Hingga saat ini, sebanyak 38 pemain asal Brasil pernah memperkuat Los Blancos. Sedangkan terbanyak kedua adalah Argentina yang mencapai 24 pemain.

Hanya saja, untuk pemain yang berasal dari Belgia ternyata terbilang jarang. Eden Hazard yang baru saja didatangkan Madrid dari Chelsea, menjadi pemain asal Belgia keempat yang pernah dan masih berkostum Madrid.

Pemain pertama asal Belgia yang digaet Madrid adalah Fernand Goyvaerts. Striker kelahiran 24 Oktober 1938 itu didatangkan Madrid pada awal musim 1965-1966. Meski bertahan hingga musim 1966-1967, Fernand Goyvaerts jarang dimainkan. Total dia hanya bermain dalam 3 laga. Menariknya, Fernand Goyvaerts digaet Madrid dari rival abadinya, Barcelona.

Madrid kemudian baru kembali mendatangkan pemain asal Belgia pada 2011. Dia adalah kiper bernama Alex Craninx atau yang memiliki nama lengkap Alexandro Marco Craninx Joostens. Meski lahir di Spanyol, dia berkewarganegaraan Belgia.

Craninx digaet dan masuk ke Akademi Madrid hingga 2014. Kemudian dipromosikan ke Real Madrid C dan Real Madrid B hingga 2017. Sebelum promosi ke tim utama, Craninx dilepas ke Jong Sparta. Artinya, Craninx yang kini berusia 23 tahun belum pernah tampil bersama tim utama Los Blancos.

Pemain asal Belgia ketiga yang didatangkan Madrid adalah Thibaut Courtois. Penjaga gawang tersebut digaet pada 8 Agustus 2018 lalu dari Chelsea. Dan, Hazard menjadi pemain asal Belgia yang didatangkan Real Madrid.

“Real Madrid dan Chelsea telah mencapai kesepakatan untuk Eden Hazard. Dia akan bergabung dengan Real Madrid untuk lima musim ke depan hingga 30 Juni 2024,” tulis situs resmi Madrid.

Editor : Edy Pramana