alexametrics

Cerita Dongeng Atalanta, Raih Tiket Liga Champions untuk Pertama Kali

27 Mei 2019, 13:03:03 WIB

JawaPos.com – Atalanta, klub medioker Italia yang bermarkas di Bergamo, mengukir rekor menawan. Untuk pertama kali dalam sejarah klub, mereka meraih tiket Liga Champions. Artinya, La Dea – julukan Atalanta, bakal merasakan atmosfer Liga Champions untuk pertama kali pada 2019-2020.

Kepastian itu didapat setelah pada pekan pamungkas Serie A 2018-2019, Senin (27/6) dini hari WIB, Atalanta menang 3-1 atas Sassuolo. Kemenangan itu membuat Atalanta berhasil mengakhiri Serie A 2018-2019 dengan berada di posisi ketiga dan meraih tiket Liga Champions 2019-2020.

Hebatnya, Atalanta mampu memenangi persaingan dengan klub elite Serie A yakni AC Milan, AS Roma, Lazio, Sampdoria, hingga Fiorentina. Mereka adalah klub-klub elite yang gagal meraih tiket Liga Champions musim depan.

Perjalanan Atalanta meraih tiket Liga Champions ibarat cerita dongeng. Maklum saja, sebagai klub medioker yang jarang menggaet pemain berlabel bintang, target awal ketika memasuki kompetisi baru pasti sekadar bertahan di Serie A. Atau, setidaknya bisa meramaikan persaingan di papan tengah untuk memperebutkan tiket Eropa yakni Liga Europa.

Bukan apa-apa, Serie A identik dengan Il Sette Magnifico alias 7 tim terhebat. Mereka adalah tim-tim yang pasti meramaikan tiket Liga Champions. Tujuh klub tersebut adalah Juventus, AC Milan, Inter Milan, AS Roma, Lazio, Fiorentina, dan Parma. Belakangan Napoli yang pernah meraih Scudetto saat diperkuat Diego Maradona, meramaikan persaingan dalam memperebutkan tiket Liga Champions.

Klub-klub sekelas Atalanta jelas tak diperhitungkan bisa terlibat persaingan meraih tiket Liga Champions. Publik pasti memprediksi di antara 7 klub terhebat plus Napoli yang bakal menggenggam tiket Liga Champions.

Faktanya di luar dugaan. Saat Juventus dan Napoli tak tersentuh, justru Atalanta yang melesat. Tim asuhan Gian Piero Gasperini itu memenangi persaingan dengan anggota-anggota lain Il Sette Magnifico.

Bukan kebetulan. Atalanta memang pantas berlaga di Liga Champions musim depan. Mereka mampu tampil stabil di Serie A musim ini. Bahkan, Atalanta sanggup melaju ke final Coppa Italia meski kalah dari Lazio. Setidaknya itu menunjukkan konsistensi Papu Gomez cs.

Bahkan, Atalanta tercatat sebagai tim Serie A musim ini dengan lini penyerangan terhebat. Mereka menjadi tim tersubur dengan koleksi 77 gol. Juventus saja hanya mampu mengoleksi 70 gol. Salah satu penyerang mereka, Duvan Zapata, berhasil mendulang 23 gol dan berada di posisi kedua daftar pencetak gol terbanyak Serie A musim ini.

Atalanta didirikan pada 17 Oktber 1907. Hingga saat ini, mereka belum pernah menjuarai Serie A atau meraih Scudetto. Prestasi terbaik di kancah lokal adalah juara Coppa Italia 1962-1963. Di kasta kedua, Atalanta 6 kali juara Serie B pada 1927-28, 1939-40, 1958-59, 1983-84, 2005-06, 2010-11.

Di kancah Eropa, Atalanta sudah pernah merasakan lewat Piala UEFA (kini Liga Europa) dan Piala Winners. Prestasi terbaik mereka lolos hingga perempat final Piala UEFA 1990-1991 dan semifinal Piala Winners 1987-1988.

Patut dinantikan kiprah Atalanta di Liga Champions yang pertama kali mereka rasakan. Rasanya mereka bisa bersaing andai bermain seperti musim ini dan komposisi terbaik dipertahankan.

Editor : Edy Pramana