alexametrics

Jadi Striker Andal, Harry Kane Ternyata Memulai Karir Sebagai Kiper

20 April 2019, 19:43:24 WIB

JawaPos.com – Bagi penggemar Tottenham Hotspur, sosok Harry Kane tentu sudah dikenal sebagai striker tajam. Ternyata, kapten Tim Nasional Inggris itu mengawali karirnya sebagai seorang penjaga gawang. Kane menjadi kiper ketika masih memperkuat klub amatir Ridgeway Rovers.

Ridgeway Rovers adalah klub pertama yang mengajarkan Kane tentang sepak bola. Di sini, posisi pertama Kane adalah penjaga gawang. Selang beberapa waktu, ia mulai difungsikan sebagai pemain lapangan.

Selanjutnya, ketika bergabung dengan akademi Tottenham Hotspur di usia 11 tahun, Kane mulai menjalani peran sebagai gelandang. Awalnya ia ditempatkan sebagai gelandang bertahan. Kemudian berpindah menjadi gelandang serang.

Karena memiliki naluri mencetak gol yang tinggi, Kane akhirnya difungsikan sebagai penyerang di klub berjuluk The Lilywhites itu. Sekarang, Kane adalah salah satu penyerang terbaik di tanah Inggris. Ia telah mencetak 125 gol dari 178 penampilan bersama Spurs.

Menurut Global Development Coach Tottenham Hotspur, Anton Blackwood, setiap anak yang masuk ke akademi diberikan kesempatan untuk menentukan posisinya. Anak itu bisa memilih menjadi kiper, bek, gelandang, maupun striker.

“Akan tetapi, pelatih bertugas memberikan saran dan tahu potensi si pemain. Contohnya Harry Kane. Ketika masuk ke akademi, posisinya kiper. Tapi sekarang dia salah satu striker terbaik di dunia,” ucap Blackwood saat ditemui di Surabaya, Sabtu (20/4).

Kedatangan Blackwood ke Surabaya tentu bukan tanpa alasan. Dia tengah mencari 100 talenta sepak bola muda yang akan dikirim ke Thailand. Event bertajuk ‘AIA 100 Talents Go to Phuket’ ini dilangsungkan di Stadion Brawijaya, Surabaya.

Sebanyak 400 anak mengikuti ajang ini. Namun, hanya 20 anak yang akan dipilih dan terbang ke Thailand untuk menjalani pemusatan latihan.

Editor : Agus Dwi W

Reporter : Muhammad Syafaruddin



Close Ads