alexametrics

Tanpa Cristiano Ronaldo, Maurizio Sarri Mencoba Taktik Baru

26 September 2019, 21:55:02 WIB

JawaPos.com-Kemenangan Juventus 2-1 atas Brescia pada giornata kelima Serie A kemarin dini hari juga diraih tanpa kontribusi superstar Cristiano Ronaldo yang cedera aduktor.

Bedanya, allenatore Juventus Maurizio Sarri tidak kehabisan akal dalam menyiasati absennya CR7. Sarri terpaksa membongkar skema 4-3-3 andalannya menjadi 4-3-1-2. Taktik yang tidak familier bagi Juve.

Dalam skema tersebut, Sarri memberikan peran trequartista kepada Aaron Ramsey meski Paulo Dybala lebih punya pengalaman bermain dalam posisi tersebut. Sebaliknya, Dybala berduet dengan striker Argentina lainnya, Gonzalo Higuain.

Hasilnya, sempat dikejutkan oleh gol striker Alfredo Donnarumma pada menit keempat, Bianconeri berbalik unggul berkat gol bunuh diri bek Brescia Jhon Chancellor (40’) dan kreasi gelandang Miralem Pjanic (63’).

”Saya rasa kami harus siap untuk dua formasi (selain 4-3-3, Red). Sebab, ada beberapa kendala dengan fullback dan banyak pemain kami yang berposisi gelandang serang,” ucap Sarri sebagaimana dilansir Tuttosport. ”Kami harus memanfaatkan sumber daya yang ada sebaik-baiknya,” imbuh pelatih pemenang Liga Europa musim lalu itu.

Fullback menjadi kendala setelah bek kanan baru Danilo mengalami cedera dan menyusul Mattia De Sciglio. Giorgio Chiellini juga masih ”cuti” panjang. Itulah yang membuat Sarri bakal mengasah Juan Cuadrado untuk bermain lebih ke dalam dari posisi aslinya sebagai winger.

Massimiliano Allegri, mantan allenatore Juve sudah mencobanya musim lalu dan Cuadrado bisa menyesuaikan diri.

Bagi Juve, berganti-ganti formasi bukan sesuatu yang aneh. Bahkan, musim lalu Allegri menjajal sampai delapan formasi untuk memaksimalkan peran Ronaldo. Misalnya, saat Ronaldo absen dalam tujuh laga, Allegri lebih sering memainkan formasi 3-5-2 dalam 4 pertandingan.

Sisanya, 2 kali untuk 4-4-2 dan 1 kali untuk formasi 3-4-2-1. Hasilnya lumayan. Tujuh laga tanpa Ronaldo musim lalu berakhir dengan 5 kemenangan dan hanya menelan 2 kekalahan.

Editor : Ainur Rohman

Reporter : io/c10/dns



Close Ads