JawaPos Radar

Piala Asia U-19 2018

Ini Sejumlah Skenario yang Bisa Meloloskan Indonesia ke Perempat Final

24/10/2018, 01:33 WIB | Editor: Agustinus Edy Pramana
Piala Asia U 19 2018, Timnas U 19, Timnas U 19 Indonesia, Perempat Final
Timnas Indonesia masih punya kans besar lolos ke perempat final (Chandra Satwika/Jawa Pos)
Share this

JawaPos.com - Timnas U-19 Indonesia saat ini masih berpeluang untuk lolos ke babak perempat final Pila Asia U-19 20-18. Ada beberapa skenario yang bisa mengantarkan mereka melaju ke perempat final.

Kekalahan 5-6 dari Qatar U-19, memang membuat peluang Garuda Nusantara cukup berat. Namun begitu, pasukan Indra Sjafri tak boleh menyerah karena peluang untuk lolos sebenarnya masih terbuka. Kuncinya saat melawan Uni Emirat Arab (UEA), Rabu (23/10) malam WIB.

Skenario pertama, Indonesia U-19 membutuhkan hasil imbang untuk lolos sebagai runner-up Grup A. Tapi syaratnya, pada laga lain yang dimainkan bersamaan, Taiwan sukses mengalahkan Qatar dengan skor berapapun.

Piala Asia U 19 2018, Timnas U 19, Timnas U 19 Indonesia, Perempat Final
Sejumlah skenario bisa meloloskan Timnas U-19 Indonesia ke perempat final (Chandra Satwika/Jawa Pos)

Sebab, nantinya di klasemen akhir, UEA akan lolos sebagai juara grup dengan tujuh poin dan Indonesia di posisi kedua dengan empat poin. Sedangkan Qatar dan Taiwan masing-masing mengoleksi tiga angka.

Peluang lolos berikutnya didapat andai skuad Garuda Nusantara meraih kemenangan melawan UEA dan Qatar vs Taiwan berakhir imbang. Skenario itu bisa membawa Indonesia lolos sebagai juara grup dengan 6 poin, sama dengan UEA. Indonesia di puncak karena unggul head to head. Sedangkan hasil imbang Taiwan kontra Qatar membuat poin mereka di bawah Indonesia dan UEA.

Lantas, bagaimana jika Indonesia menang atas UEA, tetapi Qatar juga sukses kalahkan Taiwan? Andai itu terjadi, akan ada tiga tim yang memiliki enam poin yakni Indonesia, UEA, dan Qatar. Ketiga tim juga saling mengalahkan. Indonesia mengalahkan UEA, UEA mengalahkan Qatar, tapi Indonesia kalah dari Qatar.

Maka dari itu, dalam regulasi AFC kelolosan dihitung dari selisih gol. Tapi, melawan Taiwan tak dihitung dan dibuat klasemen kecil yang diisi tiga negara tersebut.

Posisi sebelum laga pamungkas pada Rabu (24/10), klasemen dengan selisih gol saat ini dipuncaki UEA dengan +1. diikuti Qatar (0) dan Indonesia -1. Berdasar itu, Indonesia cukup menang 2-0 atas UEA untuk lolos ke babak selanjutnya.

(ies/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up