JawaPos Radar | Iklan Jitu

Emiliano Sala dan 7 Kisah Kelam Kecelakaan Pesawat di Arena Sepak Bola

24 Januari 2019, 13:01:55 WIB
Emiliano Sala, Kecelakaan pesawat, Sala, Cariff city, Nantes
Emiliano Sala dinyatakan hilang dalam kecelakaan pesawat di Selat Inggris, Seni (21/1) (BBC)
Share this

JawaPos.com - Keberadaan Emiliano Sala masih menjadi teka-teki. Banyak laporan menyebut, pemain baru Cardiff City itu menjadi korban dari jatuhnya pesawat Piper Malibu di sekitaran Selat Inggris, Senin (21/1) lalu.

Hingga kini tim penyelamat belum bisa menemukan titik keberadaan pesawat nahas tersebut. Namun sejumlah bukti sudah dikumpulkan seperti misalnya potongan-potongan logam yang mengambang di perairan yang diduga serpihan dari tubuh pesawat.

Peristiwa menghilangnya pesawat yang ditumpangi Sala menambah panjang catatan memilukan dunia penerbangan dan pentas sepak bola. Setidaknya ada tujuh peristiwa yang melekat di benak masyarakat. Berikut ulasan singkatnya;

1. Tragedi Superga

Kecelakaan pesawat, tragedi Superga
Tragedi kecelakaan pesawat di Bukit Superga, Torino, 1949 silam (Istimewa)

Kejadian mengerikan dialami tim sepak bola Torino pada 4 Mei 1949 lalu. Seusai bertanding melawan Benfica, pesawat yang ditumpangi para pemain serta ofisial menghantam salah satu bangunan di Bukit Superga, Turin, Italia. Malang tak dapat ditolak, seketika pesawat tersebut meledak dan menewaskan semua penumpangnya.

Cuaca buruk menjadi salah satu penyebab kecelakaan itu. Pesawat tadinya ingin melakukan pendaratan darurat. Namun sayang, salah satu bagian pesawat menghantam puncak bangunan sehingga terjadilah kecelakaan mengerikan ini.

2. Tragedi Muenchen

Kecelakaan pesawat, Manchester united, Tragedi Munchen
Tragedi kecelakaan pesawat di Muenchen yang melibatkan skuad Manchester United era 1958 (Istimewa)

Pada 6 Februari 1958 terjadi kecelakaan di Bandara Munich-Riem, Muenchen, Jerman. Ketika itu pesawat dari maskapai British European Airways gagal lepas landas saat hendak menuju ke Inggris.

Sejumlah pemain Manchester United menjadi korban dari peristiwa itu. Mereka berada di pesawat tersebut karena ingin kembali seusai melakoni pertandingan melawan Red Star Blegrade di Yugoslavia.

3. Tragedi Alianza Lima

Kecelakaan pesawat, Tragedi Alianza Lima
Bongkahan kepala pesawat yang diduga mengangkut para pemain klub Peru, Alianza Lima (Istimewa)

Tim sepak bola asal Peru, Alianza Lima menjadi korban dari jatuhnya pesawat Fokker F27-400M di Samudera Pasifik, 8 Desember 1987 lalu. Seluruh penumpang yang terdiri dari pemain, manajer, staf, dan awak pesawat dinyatakan tewas di tempat kejadian.

Kesalahan teknis disebut-sebut menjadi penyebab utama dari peristiwa ini. Meski demikian, kecelakaan itu tidak mengganggu jalannya kompetisi di Liga Peru. Alianza Lima tetap mengarungi sisa musim dengan pemain seadanya.

4. Tragedi Paramaribo

Kecelakaan pesawat, Tragedi Paramaribo
Pesawat Suriname Airways 764 jatuh dan memakan korban jiwa dari tim Belanda keturunan Suriname. (Istimewa)

Kecelakaan pesawat yang memakan korban jiwa dari kalangan atlet sepak bola kembali terjadi dua tahun setelah tragedi Alianza Lima. Kali ini peristiwa mencekam dialami pesawat Suriname Airways 764.

Di dalam pesawat tersebut ada 14 pemain Belanda keturunan Suriname. Ketika kecelakaan terjadi, mereka sedang dalam perjalanan untuk melakoni satu pertandingan di Suriname.

5. Tragedi Timnas Zambia

Kecelakaan pesawat, Tragedi Timnas Zambia
Sejumlah pemain Timnas Zambia meninggal dunia akibat kecelakaan pesawat militer berjenis DHC-5 Buffalo (Istimewa)

Mimpi Timnas Zambia berlaga di African Cup of Nations 1993 harus berakhir seketika. Sebab pesawat yang ditumpangi para pemain mengalami kecelakaan hebat perairan Samudera Atlantik.

Kabarnya pesawat militer berjenis DHC-5 Buffalo itu sempat mendarat di Libreville, Gabon, untuk mengisi bahan bakar. Namun sayang, pesawat tak dapat terbang dengan sempurna. Alhasil terjadilah kecelakaan yang akan terus diingat oleh masyarakat Benua Afrika.

6. Tragedi Chapecoense

Kecelakaan pesawat, Tragedi Chapecoense
Pesawat yang ditumpangi skuad Chapecoense terjatuh dan hancur di kawasan Medellin, Kolombia, 28 November 2016 lalu. (Istimewa)

Ini menjadi salah satu kisah yang paling menyedihkan di jagad sepak bola. Sebab jelang menghadapi laga final Copa Sudamericana, Chapecoense malah kehilangan sejumlah pemain dan stafnya akibat kecelakaan pesawat di kawasan Medellin, Kolombia, 28 November 2016 lalu.

Sebanyak 19 pemain meninggal dunia dan hanya tiga nama yang selamat yakni Alan Ruschel (27), Helio Zampier Neto (31), serta Jackson Follmann (24). Atas berbagai pertimbangan, Chapecoense dinyatakan sebagai juara Copa Sudamericana musim 2016.

7. Tragedi Helikopter Vichai Srivaddhanaprabha

Kecelakaan pesawat, Tragedi Helikopter Vichai Srivaddhanaprabha
Bos Leicester City, Vichai Srivaddhanaprabha tewas dalam kecelakaan helikopter pada 27 Oktober 2018 lalu (Istimewa)

Bos Leicester City, Vichai Srivaddhanaprabha dipastikan meninggal dunia karena kecelakaan helikopter. Sebelumnya Vichai baru saja menengok kesiapan pertandingan Leicester melawan West Ham United di Stadion King Power, 27 Oktober 2018 lalu.

Menurut laporan, Vichai meninggal di tempat. Kejadian ini langsung menghebohkan jagad sepak bola Inggris khususnya skuad Leicester City yang langsung menunda sejumlah pertandingannya.

Editor           : Bagusthira Evan Pratama

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up