JawaPos Radar

Saddil Ramdani, Winger Persela Lamongan Paling Sibuk

23/10/2018, 13:35 WIB | Editor: Agustinus Edy Pramana
Saddil Ramdani, Persela Lamongan, Timna U 19 Indonesia, Timnas U 23 Indonesia, Timnas Indonesia
Saddil Ramdani menjadi pemain Persela paling sibuk. Dia dipercaya Timnas Indonesia dalam tiga level (Chandra Satwika/Jawa Pos)
Share this

JawaPos.com - Saddil Ramdani memang tak akan membela Persela Lamongan saat melawan Barito Putera, Selasa (23/10). Dia masih membela Timnas U-19 Indonesia di pentas Piala Asia U-19 2018. Terlepas dari itu, membicarakan sosok Saddil seperti tak ada habisnya.

Saddil mungkin menjadi pemain Persela paling sibuk. Tak hanya bersama klubnya, pun bersama Tim Nasional (Timnas) Indonesia. Sejak 2017, pemain berposisi winger tersebut memperkuat tiga level Timnas sekaligus yakni U-19, U-23, dan Senior.

Walaupun tercatat sebagai penggawa Persela, Saddil justru lebih banyak absen membela tim berjuluk Laskar Joko Tingkir. Saddil baru bermain dalam sebelas pertandingan bersama Persela pada Liga 1 2018. Menit bermainnya pun sedikit, hanya 796 menit saja.

Saddil Ramdani, Persela Lamongan, Timna U 19 Indonesia, Timnas U 23 Indonesia, Timnas Indonesia
Saddil kini memperkuat Timnas U-19 Indonesia di Piala Asia U-19 2018 (Chandra Satwika/Jawa Pos)

Pada musim ini, Saddil mulai sering absen memperkuat Persela sejak Juli 2018. Saddil harus meninggalkan Lamongan untuk memperkuat Timnas U-19 yang tengah bertanding di turnamen Piala AFF U-19 2018.

Selesai Piala AFF U-19, Saddil kembali ke Lamongan. Dia sempat dimainkan pada pertandingan melawan Madura United pada 23 Juli lalu. Saddil bermain penuh pada pertandingan yang berakhir dengan skor 1-1.

Baru satu laga memperkuat Persela, Saddil kembali membela Merah Putih. Kali ini ia memperkuat Timnas U-23 Indonesia yang bertanding di Asian Games 2018. Dia menghabiskan waktu lebih dari sebulan untuk konsentrasi di Asian Games 2018.

Saddil kembali ke Persela selepas Asian Games 2018. Dia sempat dimainkan pada laga melawan Bali United pada 11 September lalu. Setelah itu Saddil dipanggil oleh pelatih Indra Sjafri untuk memperkuat Timnas U-19 Indonesia.

Saat ini Saddil sedang membela Timnas U-19 pada turnamen Piala Asia U-19 2018 di Jakarta. Saddil menyumbang satu gol saat Indonesi U-19 dikalahkan Qatar U-19 dengan skor 5-6, Minggu (21/10) malam WIB.

Pelatih Persela, Aji Santoso mengatakan bahwa Saddil memang salah satu pilar utama di timnya. Namun, agenda padat di Timnas membuat Saddil jarang membela Persela. Meski berat, Aji tetap memberikan dukungan penuh kepada Saddil.

"Saddil membela bangsa dan negara. Kami tetap mendukungnya. Memang berat. Tetapi Saddil tidak bisa gabung dengan kami karena Timnas," ucap Aji Santoso.

Setelah Piala Asia U-19, bukan tidak mungkin nama Saddil akan dipanggil kembali oleh Timnas senior yang berlaga di Piala AFF 2018. Pasalnya, Saddil adalah pelapis Irfan Jaya di Timnas senior.

(saf/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up