alexametrics
Kualifikasi Piala Asia U-23 2020

Sang Ayah Anggap Ezra Walian Tidak Terdepak

23 Maret 2019, 10:30:00 WIB

JawaPos.com – Ezra Walian sudah pasti absen di ajang kualifikasi Piala Asia U-23 2020. Meski begitu, pemain 21 tahun itu tetap datang ke Stadion My Dinh, Hanoi, Jumat (22/3) sore WIB. Dia duduk di tribune VIP untuk mendukung rekan-rekannya menghadapi Thailand.

Ezra tak sendirian. Dia ditemani ayahnya, Glenn Walian. Dia memang sengaja datang ke Hanoi untuk memberi support kepada Ezra. Sebab, terdepak dari skuad membuat kondisi psikis Ezra down. “Dia WhatsApp saya dari malam sampai pagi. Kondisinya cukup buruk, kasihan,” kata Glenn saat ditemui Jawa Pos di Crowne Plaza Hotel, Hanoi.

Meski sudah tak masuk skuad, Ezra akan tetap di Hanoi. Dia ingin memberi dukungan kepada rekannya hingga laga pemungkas kontra Brunei Darussalam (26/3). Karena itu, Glenn juga akan menemani sang anak hingga laga pemungkas. Dia tak sampai hati kalau harus meninggalkan Ezra sendirian. Apalagi, Glenn menganggap Ezra tidak terdepak.

“Saya merasa Ezra masih bagian dari tim ini (Timnas U-23),” tegasnya. Karena itu, dia berharap kepada PSSI agar masalah ini tak berlanjut. “Semoga PSSI segera melakukan sesuatu, sehingga Ezra bisa tampil di turnamen-turnamen berikutnya,” tegas pria asal Belanda itu.

Ezra dilarang tampil lantaran sudah pernah memperkuat Belanda U-17 pada 2013 di ajang kualifikasi Euro. Jika tampil bersama Timnas, itu melanggar statuta FIFA pasal 5. Sebab, pemain yang pernah tampil untuk satu negara di kompetisi resmi di berbagai kategori, dia dilarang berganti asosiasi negara lainnya.

Padahal, pihak PSSI sudah berupaya sepenuhnya agar Ezra bisa bermain. Mereka bahkan sudah mengirim data pendukung ke FIFA. Seperti KTP hingga dokumen lainnya. “Tapi pukul 10.00 Jumat (22/3) FIFA menegaskan tetap melarang Ezra tampil,” tegas AKBP Sumardji, manajer Timnas U-23.

Editor : Edy Pramana

Reporter : gus/bas

Copy Editor :

Sang Ayah Anggap Ezra Walian Tidak Terdepak