alexametrics

Timnas Malaysia Bakal Naturalisasi Pemain dari Kosovo dan Inggris

22 Maret 2019, 20:53:02 WIB

JawaPos.com – Keinginan PSSI-nya Malaysia, FAM, untuk menaturalisasi dua pemain asal Kosovo dan Inggris bukan isapan jempol. FAM kini mendekati pemerintah Malaysia untuk mempercepat proses memberikan kewarganegaraan Malaysia kepada Liridon Karasniqi dan Lee Tuck.

Presiden FAM, Datuk Hamidin Mohd Amin mengungkapkan bahwa pihaknya akan menyerahkan rencana tersebut kepada pemerintah untuk menaturalisasi Liridon dan Lee setelah pertemuan pada 30 Maret. Dia melanjutkan bahwa sangat berhati-hati dengan rencana tersebut. Datuk Hamidin menegaskan bahwa rencana menaturalisasi dua pemain tersebut setelah didasarkan pertimbangan matang dan melihat untung serta rugi.

“Mekanisme kami untuk naturalisasi pemain didasarkan pada studi yang dilakukan pada tim-tim seperti Jepang, Singapura, dan Spanyol. Mereka telah menghidupkan kembali sepak bola melalui pemain yang dinaturalisasi,” beber Hamidin seperti dilansir The Star.

Timnas Malaysia Bakal Naturalisasi Pemain dari Kosovo dan Inggris
Lee Tuck juga bakal diberikan kewarganegaraan Malaysia (Stadium Astro)

“Kami akan mematuhi peraturan yang ditetapkan oleh FIFA dan jika pemerintah kami setuju, kami akan melanjutkannya. Kami harus berhati-hati karena kami tidak ingin para pemain menyalahgunakan paspor Malaysia begitu mereka mendapatkannya,” imbuh Datuk Hamidin.

“Kami tidak menaturalisasi pemain tanpa banyak memikirkannya. Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi sebelum dapat dinaturalisasi,” tambahnya.

Beber Datuk Hamidin, “Misalnya, pemain asing harus tinggal di negara yang bersangkutan selama lima tahun berturut-turut. Ini adalah salah satu aturan yang ditetapkan oleh FIFA”.

Di satu sisi, Timnas Malaysia sepertinya puas dengan kiprah pemain naturalisasi. Berdasar itu, mereka ingin menambahnya. Seperti diketahui, pemain pertama yang dinaturalisasi oleh Malaysia adalah Mohamadou Sumareh yang lahir di Gambia. Dia telah berada di Malaysia dengan memperkuat klub Malaysia sejak 2013. Sumareh menjadi warga negara Malaysia pada 2018. Hingga saat ini dia sudah 10 kali tampil bersama Harimau Malaya.

Sementara itu, Liridon saat ini memperkuat Melaka United. Mantan pemain Timnas Albania U-21 dan Kosovo itu telah berkiprah di Malaysia sejak 2015. Klub pertamanya adalah Kedah FA. Sedangkan Lee Tuck, berkiprah di Malaysia sejak 2016. Klub pertamanya adalah Negeri Sembilan.

Editor : Edy Pramana

Copy Editor :

Timnas Malaysia Bakal Naturalisasi Pemain dari Kosovo dan Inggris