alexametrics

Kompetisi Belum Resmi Dimulai, Klub-klub Jatim Yakin Bisa Mendominasi

21 Maret 2018, 13:53:41 WIB

JawaPos.com – Asosiasi PSSI Jawa Timur (Jatim) patut berbangga hati. Pasalnya, mereka menjadi penguasa sepak bola nasional pada kompetisi musim 2017 lalu. Musim itu tiga klub Jatim berhasil menjuarai tiga kompetisi berbeda di sepak bola Indonesia.

Meski saat ini bermarkas di Jakarta, Bhayangkara FC masih tercatat sebagai anggota PSSI Jatim saat menjuarai Liga 1 2017. Prestasi Bhayangkara diikuti Persebaya Surabaya dengan menjadi kampiun Liga 2 dan dan Blitar United menjadi jawara Liga 3.

Kesuksesan pada tahun 2017 membuat Asprov PSSI Jatim semakin percaya diri dengan kekuatan klub-klub yang menjadi anggotanya. “InsyaAllah tahun ini akan lebih dari tahun lalu,” kata Sekretaris Umum (Sekum) PSSI Jawa Timur, Amir Burhannudin.

Kembalinya Persebaya ke kasta tertinggi membuat sepak bola Jatim semakin dipandang. Selain Persebaya, masih ada Arema, Persela Lamongan, dan Madura United. Bhayangkara FC juga pulang ke Sidoarjo, meski hanya sementara.

Sementara itu, PSSI Jatim tengah sibuk mempersiapkan kompetisi Liga 3 yang rencananya akan dimulai 1 April mendatang. Acara launching kompetisi sekaligus pengumuman hasil pembagian grup akan dilakukan 24 Maret di Kota Batu.

“Pembagian grupnya ini per wilayah. Tapi kami menghindarkan derby sekota. Sebisa mungkin kami memperhatikan agar tidak terjadi derby,” imbuh Amir.

Tak hanya itu, PSSI Jatim juga mencermati secara detail tentang kondisi keuangan klub-klub peserta Liga 3 regional Jatim. Karena menggunakan sistem home and away, mereka harus mendapat kepastian klub tersebut didukung dengan keuangan yang sehat.

Klub peserta Liga 3 regional Jatim juga harus mampu meyakinkan bahwa mereka tidak akan berhenti di tengah jalan. Jika hal itu terjadi, dikhawatirkan akan berdampak pada tim-tim lain yang menjadi rival.

“Kalau masalah sanksi sih tidak ada masalah. Tapi menganggu jalannya kompetisi dan akan mempengaruhi tim-tim mana yang punya peluang dalam skema babak selanjutnya, ini yang menjadi perhatian kami,” tutup Amir.

Editor : Agus Dwi W

Reporter : (saf/JPC)

Kompetisi Belum Resmi Dimulai, Klub-klub Jatim Yakin Bisa Mendominasi