alexametrics
Piala Asia 2019

Vietnam Lambungkan ASEAN, Melaju ke Perempat Final Piala Asia 2019

20 Januari 2019, 21:35:34 WIB

JawaPos.com – Vietnam kembali membuat kejutan di Piala Asia 2019. Usai lolos ke babak 16 besar lantaran unggul kedisiplinan, kali ini mereka berhasil membuat kejutan besar. Vietnam lolos ke perempat final usai menyingkirkan Jordan lewat adu penalti, Minggu (20/1) malam WIB.

Vietnam bisa dibilang melambungkan ASEAN atau Asia Tenggara. Diharapkan, langkah mereka tak hanya perempat final saja.

Vietnam bermain bagus pada babak pertama. Mereka berulang kali mengancam gawang Jordan melalui dua peluang Doang Van Hau. Jordan mendapatkan sejumlah kesempatan lewat Yusuf Al-Rawashdeh dan Musa Al-Taamari.

Jordan menciptakan gol terlebih dulu lewat Baha Abdel-Rahman pada menit ke-39. Baha melesakkan gol dari tendangan bebas tak langsung. Sepakannya dari sisi kanan kotak penalti Vietnam, bersarang di pojok kiri atas gawang Dang Van Lam.

Sebelum babak pertama berakhir, Vietnam hampir mencetak gol dari tendangan jarak jauh Do Hung Dung. Tetapi bola berhasil diamankan kiper Amer Shafi. Skor 1-0 untuk keunggulan Jordan bertahan hingga turun minum.

Vietnam akhirnya menyamakan kedudukan melalui gol Nguyen Cong Phuong pada menit ke-51. Naga Emas, julukan Vietnam bermain impresif sepanjang sisa babak kedua. Sayang skor 1-1 bertahan hingga waktu normal. Laga dilanjut babak ekstra time.

Kedua tim saling menyerang dan menciptakan peluang sepanjang babak tambahan waktu. Hanya saja dewi fortuna belum berpihak kepada masing-masing tim. Skor masih imbang 1-1 dan laga berlanjut ke adu penalti.

Vietnam berjaya di adu penalti. Dari lima penendang, empat di antaranya berhasil mencetak gol. Mereka adalah Que Ngoc Hai, Do Hung Dunh, Luong Xuan Truong dan Bui Tien Dung. Sementara dari tim Jordan, hanya Baha’ Abdel-Rahman dan Ahmed Al-Ersan yang berhasil mencetak gol.

Hasil ini membuat Vietnam memenangkan pertandingan dengan skor akhir 5-3 (1-1). Mereka berhak melaju ke babak perempat final Piala Asia 2019.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Muhammad Syafaruddin

Vietnam Lambungkan ASEAN, Melaju ke Perempat Final Piala Asia 2019