alexametrics
Piala Asia 2019

Vietnam Lolos ke Babak 16 Besar Piala Asia 2019 Berkat Kartu Kuning

18 Januari 2019, 09:38:47 WIB

JawaPos.com – Vietnam mengikuti jejak Thailand sebagai wakil dari ASEAN yang berhak lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2019. Lolosnya Vietnam sangat dramatis dan bisa dibilang berkat kartu kuning.

Vietnam pada laga pamungkas Grup D, Kamis (16/1) malam WIB, berhasil mengalahkan Yaman dengan skor 2-0. Mereka memang hanya berada di posisi ketiga klasemen akhir Grup D. Namun, tetap berpeluang lolos masuk dalam peringkat ketiga terbaik. Tapi, harus menunggu laga akhir di Grup E dan F yang dihelat pada Jumat (17/1) malam WIB.

Pada laga terakhir Grup E, Jumat (17/1) malam WIB, pesaing terdekat, Lebanon, berhasil menang 4-1 atas Korea Utara. Sementara di Grup F, Oman menang 3-1 atas Turkmenistan. Perebutan peringkat ketiga terbaik pun semakin ketat.

Berdasar klasemen peringkat ketiga terbaik, ada 4 tim yang sama-sama mengoleksi 3 poin. Mereka adalah Kyrgyzstan, Oman, Vietnam, dan Lebanon. Sementara, Bahrain yang mengoleksi 4 poin sudah memastikan diri melaju ke babak 16-besar sebagai salah satu penghuni peringkat ketiga terbaik.

Itu artinya, masih ada 3 tim yang berhak lolos dengan status peringkat ketiga terbaik. Sesuai regulasi, maka Kyrgyzstan, Oman, dan Vietnam yang lolos menemani Bahrain. Kenapa bisa demikian?

Berdasar regulasi, perhitungan posisi dalam klasemen peringkat ketiga terbaik ditentukan jumlah poin, kemudian selisih gol, produktivitas gol, poin kedisiplinan, dan terakhir ditentukan undian. Dalam praktiknya, andai ketentuan pertama tak masuk, makan dilakukan dengan ketentuan kedua, dan begitu seterusnya.

Dalam hal ini, Kyrgyzstan dan Oman lebih unggul dari Vietnam dan Lebanon meski memiliki poin sama. Itu karena keduanya memiliki selisih gol lebih baik yakni 0. Sementara, Vietnam dan Lebanon memiliki selisih gol minus 1. Otomatis, Kyrgyzstan dan Oman menemani Bahrain.

Nah, tinggal satu tim diperebutkan Vietnam dan Lebanon. Seperti diketahui, dari jumlah poin, selisih gol, dan produktivitas gol keduanya sama. Maka, penentuan berikutnya berdasar poin kedisiplinan. Ternyata, sepanjang fase grup, Vietnam mendapat 5 kartu kuning. Sedangkan Lebanon telah mendapat 7 kartu kuning. Dengan begitu, poin kedisiplinan Vietnam (-5) lebih baik dari Lebanon (-7). Berdasar itu, Vietnam yang berhak melaju ke 16 besar.

Perhitungan poin kedisiplinan berdasarkan kartu kuning dan merah yang diterima tim bersangkutan. Setiap mendapat satu kartu kuning berarti -1. Kemudian kartu merah dari dua kartu kuning -3, kartu merah langsung -3, dan kartu kuning yang diikuti kartu merah langsung -4.

Vietnam sendiri pernah lolos dari fase grup. Itu terjadi di Piala Asia 2007 saat menjadi salah satu tuan rumah. Vietnam melaju ke perempat final dan disingkirkan Irak yang akhirnya menjadi juara.

Klasemen Peringkat Ketiga Terbaik

Vietnam Lolos ke Babak 16 Besar Piala Asia 2019 Berkat Kartu Kuning
Vietnam singkirkan Lebanon karena memiliki poin kedisiplinan lebih baik (Wikipedia)

Editor : Edy Pramana

Vietnam Lolos ke Babak 16 Besar Piala Asia 2019 Berkat Kartu Kuning