JawaPos Radar | Iklan Jitu

Bursa Transfer Pemain

6 Pemain Bintang Ini Masih Menganggur, Bisa Direkrut Secara Gratis

17 Desember 2018, 16:57:04 WIB
Bursa transfer pemain, Persib Bandung, Michael Essien
Michael Essien saat memperkuat Persib Bandung tahun 2017 lalu (Dok. Liga 1 2017)
Share this

JawaPos.com - Bursa transfer musim dingin akan segera dibuka. Mulai 1 Januari 2019, klub-klub di sejumlah negara bisa melepas atau mendatangkan pemain baru.

Tak selalu soal uang, beberapa pemain bisa didatangkan secara gratis. Bahkan beberapa pemain 'gratisan' ini masih tercatat sebagai bintang di panggung sepak bola.

Kondisi tersebut tak hanya bisa dimanfaatkan oleh klub-klub dari benua Eropa dan Amerika saja. Tim-tim dari Indonesia juga bisa memanfaatkannya karena bursa transfer sedang berjalan seiring berakhirnya kompetisi Liga 1 2018.

Berikut ini enam pemain bintang yang masih menyandang status penganggur:

1. Samir Nasri

Bursa transfer, Manchester City, Samir nasri
Gelandang Manchester City, Samir Nasri (Sky Sports)

Pemain blasteran Prancis dan Aljazair ini pernah bersinar saat membela Arsenal dan Manchester City. Samir Nasri bahkan sempat disebut-sebut sebagai salah satu pemain berbakat yang bisa meneruskan kegemilangan legenda Les Bleus, Zinedine Zidane.

Namun sayang, sang pemain punya riwayat cedera yang buruk. Karenanya Nasri kerap tampil inkonsisten terutama sejak medio 2015-2016. Alhasil ia terdepak dari skuad Manchester City asuhan Pep Guardiola.

Nasri kemudian dipinjamkan ke Sevilla musim 2016-2017. Sayangnya, ia gagal menjawab tantangan karena tak bisa menunjukkan permainan terbaik. Nasri akhirnya dipulangkan ke City dan ia dilepas permanen ke klub Liga Turki, Antalyaspor.

Sayangnya, pemain 31 tahun itu kembali gagal bersinar. Nasri hanya bermain delapan kali dan ia akhirnya dilepas pada 31 Januari 2018.

2. Glen Johnson

Bursa transfer, Liverpool, Glen Johnson
Bek Liverpool, Glen Johnson (Mirror)

Nama sang pemain bersinar kala memperkuat Liverpool musim 2009-2015. Glen Johnson bermain konsisten sebagai bek kanan. Bahkan saking seringnya tampil, ia sampai beberapa kali dipanggil membela Timnas Inggris.

Tapi ketatnya persaingan membuat Johnson terpaksa hengkang di bursa transfer musim panas 2015. Ia pindah ke Stoke City dan bertahan hingga 30 Juni 2018.

Kontrak Johnson tidak diperpanjang seiring kegagalan Stoke bertahan di kompetisi Premier League. Sejauh ini pemain 34 tahun tersebut belum juga ditampung oleh klub baru.

3. Yaya Toure

Bursa transfer pemain, Manchester City, Yaya toure
Gelandang Manchester City, Yaya Toure (Sky Spotrs)

Mantan pemain terbaik Benua Afrika, Yaya Toure sudah memasuki masa pensiun. Ini bisa terlihat ketika kontraknya diputus Olympiakos, 11 Desember 2018 lalu.

Adik kandung Kolo Toure ini hanya bertahan selama setengah musim. Toure cuma bermain dalam dua pertandingan dan dia belum pernah mencatatkan gol.

Sejauh ini belum jelas tujuan sang pemain. Tak menutup kemungkinan ia bakal pensiun mengingat usianya sudah 35 tahun.

4. Patrice Evra

Bursa transfer pemain, juventus, Patrice evra
Bek kiri Juventus, Patrice Evra (Dok. Juventus)

Patrice Evra sempat menjadi bek kiri terbaik yang dimiliki Timnas Prancis. Perannya tidak tergantikan selama beberapa tahun. Saingannya dari 2004-2012 hanya Eric Abidal yang eksistensinya sering terganggu karena cedera.

Di level klub, Evra pernah berjaya dengan Manchester United dan berlanjut ke Juventus. Namun sayang, semuanya berakhir ketika ia pindah ke Marseille di musim dingin 2017 lalu.

Bersama klub asal Prancis tersebut, Evra justru tampil buruk. Karirnya kian meredup saat terlibat aksi kekerasan dengan suporter Marseille.

Sang pemain sempat pindah ke West Ham United. Namun kebersamaannya hanya bertahan selama beberapa bulan saja.

5. Alberto Aquilani

Bursa transfer pemain, Liverpool, Alberto Aquilani
Gelandang Liverpool, Alberto Aquilani (Mirror)

Ketika muda, Alberto Aquilani sempat dipandang sebagai salah satu gelandang terbaik. Mobilitasnya di lini tengah membuat Aquilani berbeda dari kebanyakan pemain seusianya.

AS Roma pernah merasakan dampak positif dari keberadaan sang pemain. Tapi raksasa Italia tersebut menjualnya ke Liverpool pada 2009 lalu, dan mulai saat itu penampilan Aquilani terbilang menurun drastis.

Pemain kelahiran 7 Juli 1984 itu sempat dipinjamkan ke AC Milan. Namun Aquilani tidak dipermanenkan sehingga ia harus kembali ke Liverpool.

Setelahnya Aquilani pindah-pindah mulai dari Fiorentina, Sporting CP, Pescara, Sassuolo, dan terakhir Las Palmas. Kontraknya diakhiri per 24 Juli 2018 lalu.

6. Michael Essien

Bursa transfer pemain, Persib Bandung, Michael Essien
Gelandang Persib Bandung, Michael Essien (Dok. Persib Bandung)

Gelandang kebangsaan Ghana ini sempat membuat heboh jagat sepak bola Tanah Air. Secara tak terduga, ia menerima pinangan Persib Bandung di musim 2017 lalu.

Essien berstatus marquee player di panggung sepak bola Indonesia. Kedatangannya memancing klub-klub Tanah Air untuk belanja pemain bintang dunia seperti Didier Zokora, Mamadou Sissoko, dan Peter Odemwingie.

Namun sayang, Essien gagal bersinar di Liga 1 2017. Alhasil, ia dibuang dari skuad Maung Bandung.

Kini eks pemain Chelsea, Real Madrid, dan AC Milan itu masih menjalani status sebagai penganggur. Setelah Persib, belum ada lagi klub yang menginginkan jasa pemain 36 tahun tersebut.

Editor           : Bagusthira Evan Pratama
Reporter      : (ce1/bep/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up