alexametrics

Pesepak Bola Perlu Dibekali Ilmu Pertolongan Pertama

17 Oktober 2017, 14:45:45 WIB

JawaPos.com – Belajar dari kasus yang menimpa mendiang kiper Persela Lamongan, Choirul Huda, membuat publik tersadarkan betapa pentingnya mempelajari ilmu Basic Life Support atau Bantuan Hidup Dasar. Ilmu ini seharusnya juga dipelajari oleh pesepak bola yang ada di Indonesia.

Ketua tim medis Persela Lamongan, Budi Wignyo Siswoyo menjelaskan, ilmu Bantuan Hidup Dasar tidak hanya diperuntukkan kalangan profesional bidang medis saja, namun juga diperuntukkan kepada seluruh kalangan, tak terkecuali pemain sepak bola.

“Para pemain (seharusnya) dibekali ilmu bantuan hidup dasar. Tindakan ini tanpa alat dan tanpa obat,” kata Budi kepada JawaPos.com.

Menurut Budi, workshop tentang Bantuan Hidup Dasar bisa dilangsungkan dalam waktu sehari. “Ini harus diajarkan kepada semuanya. Workshop-nya cukup sehari saja. Paling tidak ketika ada kejadian yang jauh tim medis, mereka bisa memberikan pertolongan secepatnya,” imbuh Budi.

Jika terjadi seperti yang dialami oleh mendiang Huda, pertolongan pertama dan utama adalah airway, breathing, circulation (ABC). Pertolongan itu dilakukan dengan cara membuka atau membebaskan jalan napas, memberikan bantuan pernapasan, dan sirkulasi jantung.

“Pertolongan itu barus benar. Kalau caranya tidak benar, hasilnya jelek tidak menutup kemungkinan ketika terjadi di lapangan, para pemain yang bermaksud menolong temannya, tapi karena sistemnya keliru, maka dampaknya akan fatal,” tutur perawat senior RSUD dr. Soegiri, Lamongan, ini.

Editor : admin

Reporter : (saf/ce1/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads
Pesepak Bola Perlu Dibekali Ilmu Pertolongan Pertama