alexametrics
Piala AFF U-22 2019

Timnas Indonesia Waspadai Rumput Sintetis di Kamboja

17 Februari 2019, 16:39:54 WIB

JawaPos.comTimnas U-22 Indonesia menjalani sesi latihan pertama dalam rangkaian Piala AFF U-22 2019 di National Olympic Stadium, Phnom Penh, Sabtu (16/2). Dalam sesi latihan tersebut, pelatih Indra Sjafri memberikan materi tentang finishing. Sekilas latihan memang berjalan lancar. Semua pemain menjalankan instruksi dari pelatih hingga sesi mini games pada akhir latihan.

Namun, jika dilihat lebih jelas, National Olympic Stadium menggunakan rumput sintetis. Stadion berkapasitas 50 ribu penonton itu menjadi yang terbesar di Kamboja dan menjadi venue utama dalam Piala AFF U-22 kali ini.

Sebenarnya lapangan dengan rumput sintetis memang bukan hal baru. Timnas sering melakukan latihan di Lapangan C, Senayan, yang juga menggunakan rumput sintetis. Bahkan dalam seminggu sebelum bertolak ke kamboja, Andy Setyo cs berlatih di lokasi tersebut.

Kondisi lapangan di National Olympic Stadium memang jauh berbeda dengan Lapangan C, Senayan. Meski sama-sama sintetis, kualitas stadion yang dibuka sejak tahun 1964 itu kurang begitu baik. Karet-karet berwarna hitam mendominasi di samping rumput yang berwarna hijau.

“Bukan lapangan hijau, tapi lapangan hitam,” ucap Indra usai sesi latihan. Secara keseluruhan Indra memang tidak mengeluhkan fasilitas. Menurutnya akomodasi selama di Negeri Khmer itu cukup baik. “Tapi lapangannya yang saya pikir kurang bagus,” imbuhnya.

Meski begitu, Indra tidak menuntut lebih. Lagipula timnya sudah terbiasa berlatih di Lapangan C. Dia juga mengatakan bahwa pemain tak bermasalah dengan hal tersebut.

“Harus dihadapi. Saya sudah bicara dengan anak-anak, jangan keluar dari masalah. Karena mengeluh bisa mengurangi energi 20 persen,” ujarnya.

Lain halnya dengan pelatih Malaysia Datuk Ong Kin Swee. Dia memang tidak bermasalah dengan hal itu. “Setiap negera memiliki itu (rumput sintetis). Saya pikir Kamboja mencoba menjadi host sebaik yang mereka bisa. Saya hanya berharap turnamen ini bisa berlangsung dengan baik,” imbuhnya.

Editor : Edy Pramana

Reporter : gil

Timnas Indonesia Waspadai Rumput Sintetis di Kamboja