JawaPos Radar | Iklan Jitu

Piala AFF 2018

Transformasi Timnas Timor Leste: Dahulu Kasar, Kini Disiplin

14 November 2018, 00:40:59 WIB | Editor: Agustinus Edy Pramana
Piala AFF 2018, Timnas Timor Leste, Timor Leste, Norio Tsukitate, Indonesia
Permainan Timor Leste kini lebih disiplin (Dery Ridwansah/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Timnas Timor Leste belakangan sukses berkembang pesat. Mereka yang dahulu dikenal bermain keras dan kasar, kini justru tenang dan sangat disiplin.

Timor Leste sempat mengejutkan Timnas Indonesia pada menit 48. Hal itu setelah tembakan jarak jauh dari Rufino Walter Gama sukses menjebol gawang Andritany Ardhiyasa. Itu adalah gol pertama Timor Leste sepanjang sejarah pertemuan kontra Indonesia.

Berdasar statistik Labbola, tim besutan Norio Tsukitate juga cukup disiplin dan efektif. Mereka memang hanya menguasai bola 36%. Tapi, berhasil melepaskan delapan tembakan, lima di antaranya tepat sasaran.

Piala AFF 2018, Timnas Timor Leste, Timor Leste, Norio Tsukitate, Indonesia
Para pemain Timor Leste kini bermain lebih respek terhadap lawan (Dery Ridwansah/JawaPos.com)

Selain itu, Timor Leste juga berhasil memenangi 9 kali duel area melawan Indonesia. Hal itu dilakukan dengan cara bersih, yakni cuma berbuah tiga kartu kuning.

Hal itu berbanding terbalik pada pertemuan di SEA Games 2017 lalu. Masih hangat dalam ingatan, pemain mereka memancing emosi penggawa Indonesia hingga sempat terjadi sejumlah insiden.

"Pertandingan terakhir Indonesia vs Timor Leste, saya tidak tahu, pelatih beda. Sepak bola paling penting adalah respek, fair play. Sepak bola itu intinya menang dan kalah. Paling penting adalah respek dan fair play," ungkap Tsukitate.

Hal terserbut juga diamini oleh pemainnya, Adelino Trindade. Dia berharap transformasi sepak bola Timor Leste bisa jauh lebih baik ke depannya.

"Terima kasih, pertandingan yang lalu biarlah berlalu. Sekarang kami lihat semua pemain harus sportif. Kami harus belajar lagi saling respek terhadap tim lawan," sahut Adelino memungkasi.

(ies/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up