alexametrics

Para Wakil ASEAN yang Masih Berjuang ke LCA 2019

14 Februari 2019, 17:24:06 WIB

JawaPos.com – Klub-klub Asia Tenggara satu per satu tumbang dari kualifikasi Liga Champions Asia Menyisakan tiga tim sebagai wakil ASEAN yang masih berjuang di kompetisi tertinggi di Asia tersebut.

Klub-klub ASEAN belum mendapatkan kesempatan terbaik dalam turnamen ini. Wakil Indonesia, Persija Jakarta, juga punya nasib buruk setelah takluk 1-3 dari Newcastle Jets dan menutup mimpi main di putaran utama LCA .

Saat ini tersisa tiga tim ASEAN yang berjuang dalam babak play-off LCA. Perak FA bakal menghadapi Ulsan Hyundai. Sedang, Ha Noi FC menghadapi Shandong Luneng. Terakhir Chiangrai United, akan melawan Sanfrecce Hiroshima.

Ketiganya diharapkan bisa menyusul jejak Johor Darul Ta’zim dan Buriram United yang sudah ada di fase grup LCA. Sedang, klub ASEAN yang tak lolos ke LCA, masih punya harapan meraih prestasi di AFC Cup 2019.

Dua klub masing-masing dari Vietnam (Hanoi FC & Becamex Binh Duong), Filipina (Ceres-Negros & Kaya-Iloilo), Singapura (Home United & Tampines Rovers), Indonesia (Persija Jakarta & PSM Makassar) dan Myanmar (Yangon United & Shan United) ) telah memenuhi syarat untuk AFC Cup 2019. Lalu satu klub masing-masing dari Kamboja (Naga World) dan Laos (Lao Toyota) juga masuk AFC Cup 2019.

Untuk wakil Vietnam, Ha Noi FC telah lolos ke babak playoff Liga Champions Asia. Jika berhasil lolos ke fase grup LCA, mereka tidak akan bermain di AFC Cup.

Pada AFC Cup 2019, klub ASEAN dibagi menjadi tiga kelompok (F, G & H). Grup F terdiri dari Ha Noi, Tampines Rovers, Yangon, dan Naga World. Grup G diisi Ceres-Negros, Becamex, Persija dan Shan United. Sementara Grup H ada Home United, Kaya-Iloilo, Lao Toyota, dan PSM Makassar.

Babak pertama pertandingan penyisihan grup dijadwalkan akan dimainkan pada tanggal 26 dan 27 Februari. Pemenang dari masing-masing tiga grup lolos ke semifinal zona ASEAN ditambah dua runner-up terbaik dari tiga grup.

Pemenang dari semifinal akan memainkan final zona ASEAN. Pemenang akan mendapatkan kesempatan untuk bermain di final play-off Interzone.

Pemenang play-off final Interzone akan menghadapi pemenang final zona Asia Barat di AFC Cup 2019. Baru nanti akan ada Interzone play-off final, dan final AFC Cup 2019.

Editor : Agus Dwi W

Reporter : Indra Eka Setiawan

Para Wakil ASEAN yang Masih Berjuang ke LCA 2019