JawaPos Radar | Iklan Jitu

Piala AFF 2018

Disingkirkan Indonesia pada 2016, Kini Vietnam Punya Kans Juara

13 Desember 2018, 08:26:14 WIB
Piala AFF 2018, Vietnam, Malaysia
Vietnam menahan imbang Malaysia dengan skor 2-2 pada leg pertama final Piala AFF 2018 di Bukit Jalil (Fox Sports Asia)
Share this

JawaPos.com - Vietnam berpeluang besar menjuarai Piala AFF 2018. Itu setelah berhasil menahan imbang Malaysia di Bukit Jalil pada leg pertama final dengan skor 2-2. Pada leg kedua, Sabtu (15/12), Vietnam gantian menjadi tuan rumah.

Ini jelas menjadi pencapaian menawan bagi tim asuhan Park Hang-Seo tersebut. Sebelumnya, The Golden Dragons - julukan Timnas Vietnam, berhasil menyingkirkan Filipina di semifinal yang ditukangi eks pelatih Timnas Inggris, Sven-Goran Eriksson.

Di Piala AFF 2016 silam, Vietnam tersingkir di semifinal. Menariknya, mereka dikandaskan Indonesia. Namun, kini Indonesia terpuruk lantaran gagal lolos ke semifinal. Sementara, pencapaian Vietnam lebih baik karena mampu lolos ke final dan kini punya peluang besar meraih juara.

The Golden Dragons sendiri di ajang Piala AFF pernah juara satu kali. Itu dilakukan pada 2008. Di final, Vietnam mengalahkan Thailand dengan agregat 3-2. Vietnam kala itu ditukangi juru racik asal Portugal, Henrique Calisto.

Vietnam sendiri pada leg pertama final melawan Malaysia mampu unggul 2-0 terlebih dahulu. Namun, dengan dukungan fans di Bukit Jalil, Harimau Malaya mampu termotivasi dan menyamakan kedudukan menjadi 2-2. Meski begitu, Park tak menyesali hasil imbang tersebut. Pelatih asal Korea Selatan itu menegaskan di Hanoi bakal menjadi malam yang gemilang bagi Vietnam.

"Kami bermain baik pada leg pertama. Kami mencetak dua gol, meski akhirnya kebobolan dua gol. Sisi positifnya, kami tidak kalah. Hasil seri di Bukit Jalil tetap fantastis. Kami akan melakukan yang terbaik di Hanoi," beber Park seperti dilansir Fox Sports Asia.

"Saya akui para pemain terpengaruh dengan dukungan fans Malaysia di Bukit Jalil sekitar 80 ribu orang. Tapi, pada leg kedua kami main di Hanoi. Kami juga akan didukung puluhan ribu fans kami," tegas Park.

Laga final leg kedua dilangsungkan pada Sabtu (15/12) di My Dinh National Stadium, Hanoi.

Editor           : Edy Pramana
Reporter      : (epr/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up