Uji Coba Indonesia vs Mauritius

Skuad dan Skema Tak Beda Jauh dari Milla

Oleh KURNIAWAN DWI YULIANTO*

11/09/2018, 13:48 WIB | Editor: Ilham Safutra
Pelatih Tim Nasional Indonesia Luis Milla saat sesi latihan bersama rekan-rekannya di Lapangan ABC Gelora Bung Karno Jakarta, (23/8). (Dipta Wahyu/Jawa Pos)
Share this image

JawaPos.com - Jawaban Luis Milla memang masih ditunggu terkait tawaran untuk melatih timnas Indonesia lagi. Tapi, bisa dibilang, skuad yang akan menghadapi Mauritius dalam uji coba sore ini tidak beda jauh dengan tim bentukan Milla di Asian Games 2018.

Ke-20 pemain yang dipanggil semua berdasarkan data yang sudah dibuat sejak Milla masih jadi pelatih timnas.

Yang disusun berdasarkan penampilan pemain.

Ada yang memang sudah sesuai dengan permainan yang diinginkan. Ada pula pemain baru yang diberi kesempatan untuk menunjukkan kualitas.

Posisi saya dan Kurnia Sandy di tim ini membantu coach Bimasakti, yang kita tahu merupakan asisten Milla selama menangani timnas selama ini. Yang tidak bisa hadir di pinggir lapangan sore nanti karena masih kena sanksi dua pertandingan internasional. Hukuman itu dia dapat dalam Asian Games 2018.

Ini sebenarnya bukan panggilan dadakan. Saya sudah sering melakukan komunikasi, baik dengan coach Bima maupun Danurwindo. Saling sharing pengalaman. Sebab, bagaimanapun, buat saya pertandingan timnas adalah panggilan.

Di sisi lain, saya juga ingin mengasah keterampilan saya sebagai pelatih. Setelah ikut kursus Lisensi A AFC tahun lalu, saya pikir bisa mendapat pengalaman untuk membantu timnas di laga internasional adalah sesuatu yang langka.

Perlu saya sampaikan, coach Bima sudah tahu bagaimana meracik tim ini. Kemarin pemain sudah diperlihatkan video pertandingan Mauritius dan beberapa hal lain.

Skema tentu sudah kami siapkan, yang juga tidak jauh berbeda dengan yang diterapkan Milla selama ini. Sebab, selama ini coach Bima juga selalu berkomunikasi dengan Milla.

Sekali lagi, coach Bima tahu cara meracik tim ini. Tahu kualitas pemain yang dipanggilnya untuk menghadapi Mauritius sore nanti. Pertandingan ini juga merupakan bagian dari persiapan untuk Piala AFF pada November nanti. Jadi, pemain pasti ingin memberikan yang terbaik agar bisa masuk skuad Piala AFF.

Di luar urusan teknis, senang bisa bereuni dan bekerja sama dengan mantan kawan-kawan di Primavera lagi. Tapi, ini untuk sementara sembari menunggu keputusan Milla.

Saya tentu berharap timnas bisa main bagus sebagai tim, sesuai skema yang disiapkan, dan menang. Sehingga bisa turut memperbaiki posisi di ranking FIFA juga.

Saya juga berharap suporter timnas bisa datang dan memberikan dukungan langsung. Seperti yang selama ini mereka lakukan. Sebab, dukungan mereka adalah energi bagi pemain. Dukungan mereka juga merupakan salah satu bentuk bahwa kami masih dicintai masyarakat Indonesia. 

*) Mantan penyerang timnas

(*/Disarikan dari tanya jawab saat jumpa pers oleh wartawan Jawa Pos Farid S. Maulana/c10/ttg)

Berita Terkait

Rekomendasi