JawaPos Radar | Iklan Jitu

`De Raumdeuter` Itu Bernama Thomas Muller

09 September 2015, 07:00:00 WIB
`De Raumdeuter` Itu Bernama Thomas Muller
Thomas Mueller (AFP)
Share this

JawaPos.com - Kemenangan Jerman di kandang Skotlandia di Hampden Park, Glasgow, dengan skor 2-3, Senin (8/9). Membuat pemain mereka Thomas Muller menuai banyak pujian. 

Berkat kerjakerasnya dengan mencetak 2 gol dan dan memberikan assist kepada Ilkay Guendogan untuk dikonversi jadi gol ketiga Jerman.  Pelatih Jerman, Joachim Loew pun menyanjungnya habis-habisan. 

"Mueller seakan punya indra keenam. Dia hanya berpikir soal mencetak gol. Instignya itu benar-benar tidak bisa dilatih," katanya dikutip dari Sky Sports.

Media-media Jerman sering menjuluki Mueller sebagai `De Raumdeuter' alias Si Penafsir Ruang. Ruang geraknya bebas, dan dia lihai menemukan celah sekecil apapun. 

"Thomas adalah pemain yang sangat ortodoks dan Anda tidak bisa benar-benar memprediksi kemana dia akan bergerak," kata media Jerman.

Di timnas Jerman, dia sering bertukar posisi dengan Mario Gotze. Hanya saja pergerakan Gotze cenderung mundur ke tengah tak liar seperti Muller. 

Terkait dengan kemampuannya ini dia pernah bercerita bagaimana caranya dia mencari celah dan mengecoh bek lawan. Kuncinya adalah dengan berdiri menjauhi sudut pandang bek yang mengawalnya. 

"Bek tak akan suka jika ada penyerang yang posisnya di belakang mereka. Hal itu sering saya lakukan. Namun hati-hati agar tak terjebak offside. Positioning itu tak direncakan semua. Terkadang terjadi begitu saja. 20 persennya mungkin karena intuisi," kata Loew dilansir situs UEFA belum lama ini. (wam/ndi/JPG)

Editor           : andi
Reporter      :

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up