alexametrics
Piala AFF 2018

Malaysia Pilih Jadi Underdog Kendati Diunggulkan

Grup A - Malaysia
8 November 2018, 14:46:26 WIB

JawaPos.com – Malaysia menjadi salah satu kandidat peraih gelar juara Piala AFF 2018. Tim asuhan Tan Cheng Hoe itu diunggulkan akan melaju mulus ke semifinal lantaran bergabung di Grup A yang lawannya relatif lebih mudah.

Tercatat, Harimau Malaya, bergabung bersama Vietnam, Myanmar, Kamboja, dan Laos. Mungkin hanya Vietnam yang akan menjadi pesaing dalam perebutan juara grup.

Hanya saja, Tan justru merendah. Kendati diunggulkan akan melaju ke semifinal, dia memilih menjadi underdog. Tan justru menilai Vietnam dan Myanmar yang lebih pantas melaju ke semifinal. Selain itu, dia juga menyebut Kamboja dan Laos bisa mengejutkan.

Entah sebagai psy war atau bukan, faktanya Tan memang tak mau sesumbar. Dia menambahkan bahwa skuadnya hanya ingin bermain maksimal di setiap pertandingan dan tak menargetkan muluk-muluk.

“Di Grup A, Myanmar dan Vietnam lebih pantas lolos ke semifinal. Tapi, kami ingin berusaha sekuat tenaga untuk mengganggu mereka dan mencoba mendapatkan satu tiket ke semifinal,” sebut Tan seperti dilansir Fox Sports Asia.

Tan sendiri meminta kepada suporter Harimau Malaya jangan terlalu berharap banyak dari Malaysia saat ini. Dia menegaskan bahwa lawan di Grup A yang dihadapinya sangatlah tangguh.

Akan tetapi, bukan berarti Malaysia bakal menyerah sebelum bertanding. Berbekal pengalaman di Piala AFF sebelumnya, Tan masih menaruh secercah harapan pada anak asuhnya.

Malaysia sendiri pernah merengkuh gelar juara di ajang ini pada 2010. Kala itu, di final Malaysia mengalahkan Indonesia dengan agregat 4-2. Selain itu, Malaysia pernah menjadi runner-up pada 1996.

Di Piala AFF kali ini, Tan tak memanggil dua pemain naturalisasi asal Spanyol, Kiko Insa dan saudaranya, Natxo Insa. Tan lebih percaya kepada pemain asli Malaysia. Dengan pemain asli Malaysia, Harimau Malaya pernah juara pada 2010.

Pencapaian Malaysia di Piala AFF
1996 – Runner-up
1998 – Fase Grup
2000 – Posisi Ketiga
2002 – Posisi Keempat
2004 – Posisi Ketiga
2007 – Fase Grup
2008 – Semifinal
2010 – Juara
2012 – Semifinal
2014 – Posisi Kedua
2016 – Fase Grup

Data Timnas Malaysia
Julukan: Harimau Malaya
Pelatih: Tan Cheng Ho
Rangking FIFA: 169 (per Oktober 2018)

Editor : Edy Pramana

Reporter : (mat/JPC)

Copy Editor :

Malaysia Pilih Jadi Underdog Kendati Diunggulkan