alexametrics
Piala AFF 2018

Geliat Vietnam di Bawah Tangan Ajaib Paman Park

Grup A - Vietnam
8 November 2018, 05:19:48 WIB

JawaPos.com – Geliat dan kiprah Vietnam di Piala AFF 2018 menarik untuk dinantikan. Sebab tim tersebut dapat membuat kejutan besar di ajang ini. Bergabung di Grup A, Vietnam yang ditukangi pelatih asal Korsel, Park Hang-seo berharap bisa mengulangi kejutan yang pernah mereka lakukan di ajang ini sebelumnya.

Paman Park – julukan Park Hang-seo, mendapat target bisa mencapai semifinal dan bahkan kalau ada peluang meraih gelar juara.

Vietnam sempat mengejutkan pada 2008 saat menjuarai ajang ini pertama kali. Di bawah asuhan juru racik asal Portugal, Henrique Calisto, Vietnam mengalahkan tim unggulan Thailand di partai final. Mereka menang 2-1 di markas Thailand pada final leg pertama, dan imbang 1-1 di kandang sendiri saat menjamu Thailand pada final leg kedua.

Sejak fase grup, mereka memang tampil gemilang. Mereka lolos dari fase grup setelah membungkam Malaysia dan Laos. Kemudian di babak final mereka mampu menaklukkan Thailand.

Hal tersebut tidak terlepas dari perkembangan sepak bola negara tersebut. Bahkan saat ini bisa dibilang Vietnam sedang berada pada generasi emas. Vietnam semakin berkembang setelah merekrut Park. Terbukti melalui tangan dinginnya, Vietnam mampu meraih hasil yang luar biasa. Park membawa Vietnam melaju ke final Piala Asia U-23 2018 pada Januari lalu. Sayang, mereka kalah dari Uzbekistan.

Tidak hanya sampai di situ saja, Paman Park juga berhasil mencetak sejarah baru bagi sepak bola Vietnam di Asian Games 2018. Sebab untuk pertama kalinya Vietnam berhasil melaju ke semifinal. Mereka akhirnya menduduki peringkat keempat.

Dengan pencapaian-pencapaian itu, tidak heran Vietnam menjadi kandidat kuat dalam Piala AFF 2018. Bisa jadi tangan ajaib Paman Park dapat mengantarkan Vietnam kembali merengkuh gelar juara.

Pencapaian Vietnam di Piala AFF
1996 – Posisi Ketiga
1998 – Runner-up
2000 – Posisi Keempat
2002 – Posisi Ketiga
2004 – Fase Grup
2007 – Semifinal
2008 – Juara
2010 – Semifinal
2012 – Fase Grup
2014 – Semifinal
2016 – Semifinal

Data Timnas Vietnam
Julukan: The Golden Stars
Pelatih: Park Hang-seo
Kapten: Nguyen Van Quyet
Ranking FIFA: 102 (per Oktober 2018)

Editor : Edy Pramana

Reporter : (mat/JPC)



Close Ads
Geliat Vietnam di Bawah Tangan Ajaib Paman Park